Perwakilan Kedubes Australia Tinjau Proyek IPAL Palembang, Mei Lakukan Commissioning

Perwakilan Kedubes Australia Tinjau Proyek IPAL Palembang, Mei Lakukan Commissioning

Mr Tim Stapleton berbincang saat mengunjungi proyek IPAL Palembang, Kamis 2 Februari 2023. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kota PALEMBANG telah mencapai progres 93 persen.

Pemprov Sumatera Selatan menyiapkan dana sebesar Rp20 miliar membantu percepat pembangunan jaringan pipa sambungan IPAL

Proyek IPAL di beberapa titik Palembang terus dikebut pengerjaannya. Pemkot Palembang menargetkan pembangunan IPAL pada Mei mendatang sudah bisa dilakukan commissioning. 

Wakil Gubernur Sumatera Selatan, H Mawardi Yahya, mengingatkan seluruh pihak Pemkot Palembang untuk berkomitmen dalam pembangunan dan pengelolaan IPAL tersebut. 

BACA JUGA:Progres Sambungan IPAL Palembang 90 Persen, Pemkot Target 22 Ribu Sambungan Rumah

Sebab, IPAL yang tersambung ke rumah masyarakat itu menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan air bersih. Sehingga, sangat dibutuhkan kesterilan yang tentu dibutuhkan kerja sama dengan masyarakat terutama dalam menjaga kebersihan.

"Tentu kita minta komitmen pemerintah kota dalam pengelolaannya," kata Mawardi saat mendampingi kunjungan kerja (Kunker) perwakilan Duta Besar Australia Mr Tim Stapleton, bersama Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR RI, Diana Kusumastuti di Kecamatan Kalidoni Palembang, Kamis 2 Februari 2023.

Dikatakan Mawardi, guna membantu pembangunan jaringan sambungan pipa IPAL agar cepat tersambung ke rumah warga, Pemprov Sumatera Selatan bakal kucurkan dana sebesar Rp20 miliar.

"Ya, Pemprov Sumatera Selatan akan membantu Rp20 miliar untuk jaringan sambungan pipa," ujar Mawardi.

BACA JUGA:Pemasangan IPAL Sei Selayur Ditarget Rampung 2024, Pemkot Palembang Sharing Dana Dengan Pemprov Sumsel

Sementara, Wali Kota Palembang H Harnojoyo menambahkan, pipa IPAL akan tersambung ke 22.000 ke masing-masing rumah dan perkantoran di Kota Palembang. Saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 93 persen.

Selain dari bantuan Pemprov Sumatera Selatan, Harnojoyo menerangkan saat ini Pemkot Palembang juga sudah menyiapkan dana sebesar Rp24 miliar guna mempercepat sambungan pipa IPAL.

"Kita juga sudah menyiapkan dana Rp24 miliar, dan masih banyak pipa sambungan yang kita butuhkan," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: