8 Kecamatan di Kabupaten Muara Enim Rawan Karhutla

8 Kecamatan di Kabupaten Muara Enim Rawan Karhutla

CEK : Plt Bupati Muara Enim mengecek kesiapan peralatan karhutla.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Mengantisipasi Karhutla di wilayahnya, Pemerintah Kabupaten MUARA ENIM siapkan personil dan peralatan. Khususnya wilayah 8 kecamatan rawan Karhutla.

"Di Muara Enim ada delapan kecamatan yang rawan karhutla. Diantaranya itu Kecamatan Gelumbang dan daerah sekitarnya," ujar Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah saat memimpin   gelar pasukan Karhutla bersama Forkopimda Muara Enim di  halaman Pemkab Muara Enim, Jumat 27 Januari 2023.

Untuk itu, kata dia, selain personil dan peralatan pendukung Pemkab Muara Enim juga menyiapkan delapan posko Karhutla. "Kami tentu tidak bisa sendiri butuh bantuan TNI-Polri dan pihak lain untuk mengatasi masalah karhutla baik pencegahan maupun penanganan," ulasnya. 

Dirinya juga melihat ada inovasi yang bisa dilakukan dengan menggunakan alat pertanian seperti sprayer untuk memadamkan api. "Jadi petani pun kalau melihat api bisa memadamkannya kalau memang skalanya tidak besar," ungkapnya. 

BACA JUGA:Ini Jadwal Perempat Final Daihatsu Indonesia Masters 2023, 9 Wakil Merah Putih Siap Bertarung

Sementara itu, Kepala BPBD Muara Enim H Abdur Rozieq Putra ST MT, mengatakan bahwa personil gabungan ada 300 orang dengan perlengkapan yang sudah mumpuni. Karena prediksi BMKG Kabupaten Muara Enim akan kemarau kering seperti 2019 lalu di mulai bulan aApril - November 2023.

Untuk perlengkapan di lapangan sudah cukup. Namun kalau skalanya besar akan ada bantuan dari provinsi yakni Pemadaman dari udara yakni waterbombing menggunakan helikopter. (ozi)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: