Kapolres OKI: Maksimalkan Penempatan Personel di Titik Potensi Hot Spot Selama Musim Kemarau

Kapolres OKI: Maksimalkan Penempatan Personel di Titik Potensi Hot Spot Selama Musim Kemarau

Bupati OKI bersama forkofimda mengecek peralatan dalam peralatan dalam pencegahan Karhutbunla, di halaman Pemkab OKI, Kamis 26 Januari 2023.-Foto: Niskiah/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan melaksanakan apel pasukan dan peralatan siaga Kebakaran Hutan Kebun dan Lahan (Karhutbunla), di halaman Pemkab OKI, Kamis 26 Januari 2023.

Apel pasukan dan peralatan itu dipimpin langsung Bupati OKI H Iskandar SE bersama jajaran Forkopimda. Turut dihadiri pelaku usaha yakni perusahaan di wilayah Kabupaten OKI dan OPD serta instansi terkait. 

Kapolres OKI AKBP Dili Yanto SH MH menjelaskan, personel dari Polres OKI yang dilibatkan dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutbunla tahun ini ada sebanyak 700 personel. Ditambah dengan personel TNI Kodim 0402/OKI sebanyak 400 personel. 

"Yang jelas semua personel dalam siaga Karhutbunla ini dimaksimalkan di titik-titik yang berpotensi hot spot atau rawan terjadi kebakaran yakni Karhutbunla," tegas Kapolres OKI, saat diwawancara usai apel pasukan. 

BACA JUGA:Gelar Apel Pasukan dan Peralatan, Pemkab OKI Bersama Forkopimda dan APP Sinar Mas Siap Cegah Karhutbunla

Dikatakannya, semua personel siap melaksanakan tugas. Rinciannya TNI/Polri dengan jumlah 1.100 personel ditambah lagi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKI dan Manggala Agni Daops OKI sebanyak 50 personel. 

"Upaya pencegahan dengan drone squad tetap dilaksanakan. Selain patroli di sejumlah titik rawan Karhutbunla," katanya. 

Berdasarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memproyeksi Indonesia akan mengalami El Nino lemah pada 2023. Menilik Kondisi musim yang diprediksi lebih kering di 2023 ini.

BMKG memperingatkan wilayah yang cenderung kering dan berpotensi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera dan Kalimantan. 

BACA JUGA:Pemkab Banyuasin Gelar Apel Bersama Siaga Karhutla, Antisipasi Peristiwa Tahun 2015 Tidak Terulang

Sementara itu Bupati OKI H Iskandar SE menerangkan, apel pasukan dan peralatan yang dilaksanakan untuk melihat langsung dan memastikan kesiapan semua pasukan atau personel. Serta peralatan dalam menghadapi Karhutbunla di wilayah Kabupaten OKI tahun 2023 ini. 

"Hari ini juga dilihatkan oleh personel pelaku usaha atau regu pemadam kebakaran (RPK) cara pemadaman api dengan peralatan pemadam yang dimiliki," tutur Bupati, saat dibincangi awak media.

Bupati menjelaskan, semua pelaku usaha untuk pasukannya dalam hal ini RPK siap siaga. Termasuk adanya helikopter milik APP Sinar Mas yang siap melaksanakan pencegahan dengan water booming. 

"Tahun ini ada 54 titik dipantau karena rawan Karhutbunla ini mengacu seperti tahun lalu. Seperti kita ketahui Kabupaten OKI ini banyak dataran lahan gambut dan rawan Karhutbunla," terang Bupati, didampingi Kapolres OKI dan Kajari OKI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: