305 Unit Rumah di Kabupaten OKI Masuk Program Bedah Rumah BSPS 2023

305 Unit Rumah di Kabupaten OKI Masuk Program Bedah Rumah BSPS 2023

Bedah Rumah Program BSPS Kementerian PUPR. -Foto: dok PUPR/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Sebanyak 305 unit rumah di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) masuk dalam program bedah rumah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2023.

Hal ini disampikan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kabupaten OKI, Ir Asmar Wijaya melalui Kepala Bidang Perumahan, Irvan ST kepada SUMEKS.CO, Rabu 25 Januari 2023. 

Dijelaskan, program ini dilaksanakan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setiap tahunnya.

Ini merupakan program bedah rumah, pengerjaannya oleh Balai Besar Perumahan V Sumatera Selatan. 

BACA JUGA:Program Bedah Rumah BSPS Kementerian PUPR Berlanjut di 2023, Target 145 ribu Unit

"Untuk Kabupaten OKI tahun ada 305 rumah yang telah diverifikasi. Sehingga bakal segera dilaksanakan nantinya," ungkapnya.

Dia menjelaskan, dalam penerima bantuan program BSPS ini ada sebanyak 553 rumah dari Kementerian PUPR. Tetapi setelah diverifikasi oleh tim Balai Besar Perumahan V Sumsel yang layak ada sebanyak 305 rumah. 

Lanjutnuya, untuk sisanya persyaratan yang diperlukan dilengkapi dan dikirim sehingga bisa layak menerima masuk program BSPS ini. Jadi berkas dan persyaratannya bisa dilakukan ditahap kedua. 

"Program BSPS untuk tahap pertama sebanyak 305 rumah bakal dilaksanakan bulan depan. Dimana pengerjaannya bisa memakan waktu 3-4 bulan lamanya," ungkapnya. 

BACA JUGA:Bedah Rumah Program BSPS PUPR 2023 Target 145 ribu Unit, Berikut Kriteria Penerima dan Cara Daftarnya

Masih kata Irvan, dari 305 rumah itu tersebar di  15 Desa terdapat di 3 Kecamatan. Yakni Kecamatan Lempuing, SP Padang dan Tanjung Lubuk. 

Lebih lanjut dikatakan Irvan, untuk kualitas rumah layak huni ini sesuai SDGs yakni ketahanan bangunan, akses sanitasi, akses air minum dan kecukupan rumah.

Serta indikator kesehatan yakni kecukupan pencahayaan dan kecukupan penghawaan dan ketuntasan bangunan. 

Yakni meliputi adanya pintu dan jendela serta proses finishing bagian luar bangunan. Program BSPS dinilai merupakan salah satu program di sektor perumahan yang mampu meningkatkan kualitas rumah masyarakat.

Sumber: