Gubernur Sumsel Target Tol Kapal-Betung Beroperasi Juni 2023

Gubernur Sumsel Target Tol Kapal-Betung Beroperasi Juni 2023

Gubernur HD meninjau tol Kapal-Betung. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru menargetkan pembangunan jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal-Betung) rampung pada Juni 2023.

Hal itu disampaikan Deru saat meninjau progres pembangunan di beberapa titik ruas tol Kapal Betung, hingga ke Jembatan Musi V yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia, Senin 24 Januari 2023.

"Ya, kita targetkan Juni ini sudah bisa dioperasikan," kata Deru

Deru menilai, saat ini jalan tol sudah menjadi bagian terpenting masyarakat di Sumatera Selatan. Hal ini dibutuhkan lantaran setiap jalan tol yang dibangun dapat menghubungkan satu daerah dengan yang lainnya sehingga dapat mempersingkat waktu.

BACA JUGA:Juli 2023 Diresmikan Presiden Joko Widodo, Tol Palembang-Bengkulu Finishing Seksi 1 dan Lanjut ke Tahap 2

"Kita tahu bahwa dengan adanya jalan tol di Sumatera Selatan ini, masyarakat bisa menghemat waktu perjalanan 1-2 jam," ujar Deru.

Untuk itu, Deru meminta kepada pengelola jalan tol, dalam hal ini PT Waskita Karya mempercepat pengerjaan seluruh ruas tol Kapal Betung. Sehingga, masyarakat dapat segera menggunakan ruas tol Kapal Betung.

Tak hanya itu, Deru juga menyampaikan agar pengerjaannya dikerjakan semaksimal mungkin, guna menjaga dan menjamin keselamatan masyarakat yang menggunakan ruas tol KapalBetung saat sudah bisa lalui nantinya.

"Saya sudah minta PT Waskita untuk mengerjakan secepatnya dan semaksimal mungkin," tandas Deru.

BACA JUGA:Tidak Termasuk Prioritas, Akses Tol Palembang-Bengkulu Melalui Musi Rawas-Lubuklinggau Masih Tunggu Kepastian

Sementara, Jalan Tol Kapal Betung sudah beroperasi dari Kayu Agung hingga Kramasan sepanjang sepanjang 42,5 km pada bagian Seksi 1 dan 2A.

Selanjutnya, Seksi 2B yakni dari Kramasan-Musilandas sepanjang 24,90 Km masih dalam tahap konstruksi dengan progres mencapai 62,96 persen. Lalu, seksi 3 Musi Landas-Betung sepanjang 44,29 km progres konstruksi mencapai 39,02 persen.

Diketahui, jika akses tol Kapal Betung, dapat memangkas waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam hingga 1,5 jam dengan kecepatan minimal 80 km/jam.

Sumber: