Duta Literasi Sumsel Motivasi Pelajar SMAN 22 Palembang

Duta Literasi Sumsel Motivasi Pelajar SMAN 22 Palembang

Ratu Tenny Leriva (tiga dari kanan) usai menjadi pembicara dalam work shop di SMAN 22 Palembang, Kamis 19 Januari 2023. foto: istimewa--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Inilah rangkaian road show Workshop Literasi bersama Duta Literasi Sumsel Ratu Tenny Leriva, HD S Ked ke SMA dan SMK di Kota Palembang.

Work shop digelar Dinas Perpustakaan Sumsel bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Sumsel, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 7 Sumbagsel Tahun 2023 telah dilaksanakan di empat sekolah. 

Kali ini work shop digelar di SMAN 22 Palembang dengan tema Literasi Pencetak Generasi Penerus Bangsa yang Siap Bersaing, Kamis 19 Januari 2023. Sebelumnya Workshop Literasi dilaksanakan di SMKN 3, SMAN 3,  dan SMAN 21 Palembang.

Dalam sambutannya, Kak Iva, -pangggilan Ratu Tenny Leriva- mengatakan bahwa kegiatan ini salah satunya untuk memperkuat pengetahuan siswa akan pemahaman literasi dasar, jadi ketika sudah lulus nanti mereka telah memahami berbagai literasi untuk diterapkan dalam kehidupan di kemudian hari.

"Untuk tema hari ini, kita bersama OJK memberikan pehamaham kepada siswa akan pentingnya memahami Literasi Finansial, sehingga kedepan, mereka dapat merencanakan keuangan mereka sendiri secara mandiri," kata Kak Iva.

BACA JUGA:'Kak Iva' Kukuhkan Duta Literasi SMA Negeri 18 Palembang

Hal senada juga disampaikan, kepala sekolah SMA Negeri 22 Palembang Sumin Eksan SPdMM yang menyambut baik kegiatan ini.

"Pemahaman dan pendidikan literasi terutama Literasi Finansial yang dilaksanakan pada hari ini kita harapkan dapat menjadi bekal bagi murid kita dalam mengelola keuangan mereka secara mandiri," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Sumsel Fitriana S Sos MSi mengatakan capaian Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) di Sumatera Selatan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Hal ini dapat diraih. Salah satunya melalui kegiatan off line seperti ini dimana aksi nyata dari kegiatan ini dipandang sangat efektif dalam meningkatkan IPLM dan TGM di Sumatera Selatan.

"Berdasarkan data yang kami himpun, capaian IPLM di Provinsi Sumsel pada Tahun 2020 sebesar 12,36  kategori cukup. Tahun 2021 mulai mengalami peningkatan, naik di angka 14,57  dan di tahun 2022 sudah menembus angka 74,35 dan ini masuk kategori tinggi," terangnya.

Sedangkan untuk TGM, sambung Fitriana, dimana di tahun 2020 berada di angka 52,38. Sedangkan di tahun 2021 masuk di angka 55,84  dan di tahun 2022 mencapai 61,52. "Kegiatan Road show Workshop Literasi ini merupakan salah satu upaya untuk terus meningkatkan TGM dan IPLM di Provinsi Sumatera Selatan," pungkasnya. (ril)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: