Lantik Pejabat Struktural, Fungsional, dan Notaris, Ini Pesan Kakanwil Ilham Djaya

Lantik Pejabat Struktural, Fungsional, dan Notaris, Ini Pesan Kakanwil Ilham Djaya

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya, Selasa 17 Januari 2023 melantik dan mengambil sumpah pejabat struktural, pejabat fungsional, dan notaris di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel bertempat di Aula Kanwil Kemenkumham Sumsel

Pada kesempatan itu, sebanyak 8 notaris, 11 pejabat struktural, dan 2 pejabat fungsional Analisis Keimigrasian dilantik. Diantaranya adalah Kepala Kantor Imigrasi Muara Enim, Kepala Subbid Penindakan Keimigrasian, Kasubbid Informasi Keimigrasian, Kasubbid Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, dan Kasubbid Intelijen Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel.

"Mutasi merupakan hal yang biasa dalam tubuh Aparatur Sipil Negara (ASN), kita sebagai ASN dalam mutasi ini kuncinya adalah siap”, kata Ilham.

Dikatakan Ilham, kata SIAP memiliki makna, dijabarkannya huruf ‘S’ adalah Syukur, dijelaskan Ilham bahwa kita harus mensyukuri atas mutasi tersebut, baik mutasi datar maupun promosi, dimanapun ditempatkan harus disyukuri.

BACA JUGA:Fortadik Salurkan Bantuan School Kit Untuk Korban Gempa Cianjur, Jadi Pemantik Semangat Bersekolah

Selanjutnya kata ‘I’, yang merupakan Introspeksi diri. “Tanyakan pada diri, siapkah saya orang yang akan dilantik, siapkah untuk memimpin maupun dipimpin”, imbuh Kakanwil Ilham.

Kemudian kata ‘A’ Amanah, dijelaskan Ilham, makna Amanah bahwa kita harus dan selalu memberikan yang terbaik. “Jangan bekerja biasa-biasa saja, berikan kontribusi terbaik kita pada instansi”, ungkapnya. 

Terakhir huruf ‘P’, Professional, bekerja harus profesional. Mampu menempatkan diri sebagai seorang yang mengerti dan paham akan tugas dan tanggung jawab pekerjaan, membangun hubungan dan relasi kerja, serta selalu fokus dan konsisten dengan target dan tujuan organisasi.

“Kita tidak boleh jatuh oleh karena ketidakprofesionalan kita”, pungkasnya.

BACA JUGA:Korban yang Tewas Ditombak di Jembatan Geledek Palembang Karena Motif Dendam Lama

Selain itu, yang terpenting kata Ilham, bekerja itu harus ‘semangat’, jika semangat, maka 80% kerjaan selesai. “Selamat dan sukses kepada pejabat yang dilantik, segera menyesuaikan diri di satuan kerja masing-masing”, ungkapnya.

Kemudian kepada Kakanim yang lama, Made Nur Hepi, Kakanwil Ilham menyampaikan terima kasih atas pengabdiannya yang telah diberikan. “Pak Made Nur Hepi telah meninggalkan legacy dengan membawa Kanim Muara Enim menjadi satker WBBM, selamat dan sukses ditempat yang baru”, katanya.

Selanjutnya, 8 notaris dilantik terdiri 4 Notaris penempatan Kabupaten Banyuasin, 1 Notaris penempatan Kabupaten Musi Banyuasin, 1 Notaris Kabupaten Ogan Komering Ilir, dan 1 Notaris Ogan Komering Ulu, serta 1 Notaris Kota Prabumulih. 

Menurut Ilham, Penyumpahan dan  Pelantikan Notaris pada hari ini merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004  tentang Jabatan  Notaris sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor  2 Tahun 2014  tentang Perubahan atas Undang-Undang  Nomor 30 Tahun 2004  tentang Jabatan Notaris. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: