Hari Pertama Beraksi, 2 Pelaku Pencurian Puluhan Iphone di Toko Digimap Palembang Kepergok Security Mall

Hari Pertama Beraksi, 2 Pelaku Pencurian Puluhan Iphone di Toko Digimap Palembang Kepergok Security Mall

Tersangka Heri Sugito otak pelaku pencurian puluhan iPhone saat diringkus di Provinsi Jawa Timur oleh Tim Opsnal Unit 1 Subdit 3 Jatanras Polda Sumsel yang dipimpin Kompol Willy Oscar dan Katim Opsnal Aipda Kelvin Marley. Foto: edho/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Hari pertama beraksi, dua tersangka pencurian puluhan iPhone di Toko Digimap Palembang sempat kepergok oleh security karena tidak memilik accses card.

Padahal sebelumnya, tersangka Heri dan Hendra mengaku sempat beberapa kali melakukan observasi untuk bisa masuk ke dalam mall. 

“Hari pertama gagal karena kepergok security. Kita ditanya accses card masuk mall karena waktu itu masih pagi dan memang mall belum dibuka untuk umum,” kata tersangka Heri. 

Bahkan, di hari pertama kedatangan mereka aksinya gagal karena ketahuan oleh petugas keamanan. 

BACA JUGA:Duit Hasil Jual Puluhan iPhone yang Dicuri di Toko Digimap Palembang Dihabiskan Liburan ke Bali dan Judi Slot

Saat itulah tersangka Heri yang mengaku ahli IT ini kemudian mencari akal bagaimana menduplikasi access card. 

“Saya cari tau bagaimana bisa menduplikasi access card dengan menggunakan aplikasi berbayar. Saya buat sendiri dan ternyata berhasil," kata tersangka Heri yang mengaku belajar IT secara otodidak. 

Access card palsu itu diambil dari data karyawan salah satu toko makanan siap saji di lantai satu sebagai jalan utama masuk karyawan.

“Kami berhasil masuk melalui lift khusus karyawan yang baru saja dibuat. Kami butuh waktu pagi hari saat semua karyawan dan toko belum buka,” tutup tersangka Heri. 

BACA JUGA:Sebelum Beraksi di Toko Digimap Palembang, 3 Provinsi Ini Sudah Digasak 2 Pelaku

Seperti diketahui, dua tersangka pencurian 46 buah iPhone di Toko Digimap Palembang Heri Sugito (46) dan Hendra Jaya (47) diringkus tim opsnal Unit 1 Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Sumatera Selatan.

Otak pelakunya bernama Heri Sugito yang merupakan warga Rangkah 7, Kelurahan Rangkah, Kecamatan Tambak Sari, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur dan temannya Hendra Jaya, warga Jalan MH Seman, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Di hadapan polisi, kedua tersangka mengaku dari total 42 buah iPhone, bukan 46 unit seperti yang dilaporkan pihak Digimap ke polisi seluruhnya dijual di Pulau Jawa.

Ada yang dijual langsung secara COD dan ada juga yang dijual melalui aplikasi marketplace di media sosial. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: