Warga Sumatera Selatan Diimbau Waspada Penyakit Kusta, Perhatikan Tanda Gejala dan Cara Pencegahannya

Warga Sumatera Selatan Diimbau Waspada Penyakit Kusta, Perhatikan Tanda Gejala dan Cara Pencegahannya

Ilustrasi.-Foto: dok/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) diingatkan mengantisipasi dan cepat tanggap untuk mengenali gejala penyakit kusta.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO), setelah Brazil dan India, Indonesia menjadi negara ketiga dengan angka tertinggi yang penduduknya menderita penyakit kusta.

Pada 2020, total penderita kusta di Indonesia sebanyak 11.173 orang. Namun, angka tersebut mengalami peningkatan secara signifikan di tahun 2021 yang mencapai 133.802 orang menderita penyakit kusta.

Sementara, kasus di Sumatera Selatan sendiri pada 2018 mencapai 3,62 persen dari per 100.000 penduduk. Sedangkan, data prevalensi terakhir pada 2022 berkisar 6,71 persen per 100.000 penduduk.

"Ya, angka di Sumatera Selatan masih dibawah nasional," ungkap Dr M Izazi Hari Purwoko SpKK, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, Cabang Palembang, saat menggelar sosialisasi pencegahan penyakit kusta di Pelataran Stadion Jakabaring Palembang, Minggu 15 Januari 2023.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Sentil Ruas Jalan Tol Membahayakan Pengendara, Minta Ruas Tol Indralaya-Prabumulih Lebih Aman

Lanjut Izazi, meski kasus penyakit kusta di Sumatera Selatan masih di bawah angka nasional, setidaknya masyarakat ditekankan agar mengantisipasi penularan penyakit kusta, dan mengetahui gejalanya.

"Antisipasi itu yang terpenting dan mengenali gejala itu yang penting," tuturnya.

Di tempat yang sama, dr. Fifa Argentina, SpKK merupakan seorang dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin menambahkan, pencegahan dini harus segera dilakukan mengingat penyakit kusta dapat menyerang siapa saja tanpa batasan umur.

"Pencegahan dini agar penyakit ini bisa terhindar," bebernya.

BACA JUGA:Pecinta Game Catat Ini! Berikut Daftar Game Online Penghasil Uang Tercepat Tahun 2023, Langsung Cair

Lebih lanjut Fifa menuturkan, penyakit kusta ini sangat cepat penularannya. Biasanya, jika sudah terkena penyakit kusta, penderita tidak akan mengetahui gejala yang akan timbul. Karena prosesnya membutuhkan waktu cukup lama sekitar 6-12 bulan. 

"Biasanya banyak yang tidak sadar kalau sudah terkena kusta," terangnya.

Lantas, bagaimana cara mengenali ciri-ciri gejala penyakit kusta, dan bagaimana cara menanganinya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: