Dinas Pertanian Banyuasin Ganti Benih Bibit Baru Lahan Padi Terdampak Angin Puting Beliung

Dinas Pertanian Banyuasin Ganti Benih Bibit Baru Lahan Padi Terdampak Angin Puting Beliung

Sawah terdampak angin puting beliung di Banyuasin.-Foto: Kate/sumeks.co-

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten BANYUASIN telah melakukan pendataan terhadap padi warga yang terkena angin puting beliung, Selasa 10 Januari 2023 lalu. Direncanakan akan dilakukan penggantian benih bibit baru bagi sawah padi yang terdampak angin puting beliung. 

Dari pendataan itu didapatkan ada sekitar 11,25 hektare lahan padi milik petani terkena angin puting beliung, hingga mengalami kerusakan.

"Kita dapatkan 11,25 hektare tanaman padi rusak, " kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Banyuasin, Sarip SP. 

Tentunya kerusakan lahan padi milik petani itu tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan luasan lahan sawah yang ada di wilayah tersebut yaitu 2.600 hektare. 11 hektare itu hanya spot-spot saja sawah milik petani, tidak terfokus pada satu titik.

BACA JUGA:1020 Liter Solar Subsidi dari SPBU Palembang yang Diangkut Mobil Ekspedisi JNE Ditangkap Polres Bangka Barat

"Tapi itu tetap jadi perhatian kita. Tidak secara keseluruhan, jadi masih bisa dipanen. Sehingga petani tidak terlalu merugi,” jelasnya.

Diakuinya padi milik petani itu itu sekitar 10 hingga 15 hari lagi panen. Lebih lanjut Sarip menambahkan 11 hektare sawah yang rusak, merupakan milik petani yang tergabung dalam tiga kelompok tani dengan total 12 petani.

Dengan rincian milik Poktan Karya Bakti 3 hektar padi, Poktan Taruna Bakti 7 hektare padi, Poktan Petak 8 sekitar 1,25 hektare yang rusak.

"Jadi totalnya ada 11,25 hektare dalam konversi,” tuturnya.

Oleh karena itu pihaknya akan menganti padi warga yang mengalami kerusakan itu dengan benih bibit padi yang baru.

BACA JUGA:Dinas Sosial Ogan Ilir Sering Terima Laporan Kartu KIS Tak Aktif, Kok Bisa? Begini Solusinya

"Ini juga sudah kita laporkan kepada Bupati Banyuasin," pungkasnya.

Diketahui, angin puting beliung menerjang puluhan pemukiman penduduk Kecamatan Air Salek, kecamatan Muara Sugihan dan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin Selasa 10 Januari 2023 malam sekitar pukul 23.30 WIB dan juga merusak lahan padi warga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: