Efisiensi, Mobnas Pejabat Pemkot Palembang Ditarik, Gantinya Mobil Pribadi

Efisiensi, Mobnas Pejabat Pemkot Palembang Ditarik, Gantinya Mobil Pribadi

Zulkarnain. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Mobil dinas milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang direncanakan akan dialihkan ke kendaraan pribadi.

"Pemerintah kota (Pemkot) akan berencana mengalihkan mobil dinas milik tiap pejabat Pemkot Palembang dialihkan ke kendaraan pribadi masing-masing," kata Asisten Adminitrasi Umum (Asisten III) Setda Kota Palembang, Zulkarnain di ruang kerjanya kepada awak media, Kamis 12 Januari 2023.

Zulkarnain menjelaskan, pengalihan mobil dinas masih wacana dan baru akan diajukan ke pimpinan daerah.

"Ini masih titik awal. Perlu ada izin dari inovasi apa yang dibuat ke depannya. Ini kita usulkan dulu ke wali kota Palembang melalui pertimbangan yang disampaikan BPKAD Palembang," jelasnya.BACA JUGA:Sekda Palembang dan Wako Harnojoyo, Kompak Soal Penggunaan CNG Pengganti BBM Pertalite pada Mobil Dinas

Lanjut Zulkarnain, wacana tersebut ada beberapa usulan. Seperti mobil dinas jabatan akan dialihkan ke kendaraan pribadi masing-masing yang kemudian hanya akan mengganti tunjangan Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Nanti akan ada pergantian tunjangan BBM atau tunjangan lain, sehingga diharapkan bisa mengefisiensi anggaran Pemkot Palembang," ucapnya.

Masih Zulkarnain, mobil yang lama yang ditarik Pemkot Palembang. Kemungkinan akan dilelang.

"Tapi sekali lagi ini masih wacana yang perlu dilakukan pengkajian dan telaah dari wali kota Palembang, apakah inovasi ini efektif untuk efisiensi anggaran," tuturnya.

Kendati demikian, Zulkarnain menyebutkan kendaraan yang akan ditarik yaitu kendaraan roda empat dan dua dari pejabat eselon II, III dan IV. Dengan jumlah sekitar ada 300 lebih kendaraan dinas milik jabatan Pemkot Palembang.

BACA JUGA:ASN Dilarang Mudik Pakai Mobil Dinas

Dari beberapa usulan itu akan dilakukan pengkajian terlebih dahulu, lihat berapa hemat anggarannya agar lebih efektif.

"Selain itu bisa menghemat biaya pemeliharaan kendaraan dinas jabatan. Itu tujuannya," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: