Ciki Ngebul Masih Dijual, BBPOM Sumsel Masih Mengkaji, Ada Apa ?

Ciki Ngebul Masih Dijual, BBPOM Sumsel Masih Mengkaji, Ada Apa ?

Ciki Ngebul, jajanan viral yang patut dicoba saat dikunyah. Ciki Ngebul ini bisa didapatkan di arena Ogan Ilir Expo di kawasan Tanjung Senai Indralaya.-Foto: Hetty/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Ciki Ngebul berbahaya masih dijual. Meski Dinas Kesehatan Kota Palembang menyatakan jajanan tersebut berbahaya, dan melarang sementara penjualan jajanan yang mengeluarkan asap layaknya rokok tersebut.

Bahkan, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Sumsel sudah mengecek langsung ke lapangan. "Kita sudah mengecek langsung ke lapangan jajanan ciki ngebul," kata Zulkifli, Kepala BBPOM Sumsel, Rabu, 11 Januari 2023.

Ada 4 lokasi yang ditinjau. Yakni mall dan Kambang Iwak. Namun, sejauh ini BBPOM masih mengkaji apakah ciki ngebul ini berbahaya atau sebaliknya justru tidak berbahaya. 

Meski belum menyimpulkan, Zulkifli mengimbau masyarakat khususnya anak-anak untuk berhati-hati. 

BACA JUGA:Dinkes Palembang Setop Peredaran Ciki Ngebul, ini Alasannya

Pengawasan penjualan ? Kata Zulkifli, untuk pengawasan penjualan bukan kewenangan mereka.

"Soal peblngawasan penjualan bukan kewenangan kami," kata Zulkifli.

Diberitakan sebelumnya, Jajanan Ciki ngebul yang kini kerap dibincangkan, karena terdapat kandungan nitrogen cair yang berbahaya bagi tubuh. 

Sebelumnya Ciki unik satu ini ramai peminatnya. Mulai dari anak-anak maupun orang dewasa penasaran dengan Ciki yang mengeluarkan asap ini.

BACA JUGA:Sensasi Ciki Ngebul, Jajanan Viral Bisa Keluarkan Asap dari Mulut Saat Dikunyah, Yuk Dicoba!

Ciki asap ini hampir tiap kota menjualnya di berbagai tempat, terutama mal. Termasuk di Kota Palembang banyak ditemukan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, dr Hj Fenty Aprina angkat bicara.

"Ciki ngebul yang mengeluarkan asap itu bahaya bagi tubuh karena mengandung nitrogen cair, saya juga baru mengetahui," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, dr Hj Fenty Aprina kepada SUMEKS.CO di ruang kerjanya,  Selasa 10 Januari 2023.

Fenty Aprina menjelaskan, Ciki asap ngebul karena mengandung nitrogen cair, untuk memastikannya apakah banyak yang menjual di Kota Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: