Jembatan Musi 2 hingga 6 Sudah Jelas Keberadaannya, Lalu Dimanakah Jembatan Musi 1?

Jembatan Musi 2 hingga 6 Sudah Jelas Keberadaannya, Lalu Dimanakah Jembatan Musi 1?

Jembatan Ampera zaman dahulu.--

BACA JUGA:Pantas Tetap Berdiri Kokoh, Ternyata Begini Konstruksi Jembatan Ampera Palembang

Dibangun pada tahun 1962 dan diresmikan pada tahun 1965, Jembatan Ampera menggunakan jenis jembatan gelagar komposit.

Jembatan ini menyeberangi Sungai Musi dan menghubungkan dua daratan besar yang membelah Palembang yakni Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Bagaimana spesifikasi dan konstruksi Jembatan Ampera? Berikut penjelasannya.

1. Jembatan Ampera memiliki panjang bentang utama sepanjang 354 m dengan lebar jembatan 22 m (4 x 3,5 m lajur kendaraan; 2 x 4 m side walk).

BACA JUGA:Menyeramkan! Cerita Mistis Jembatan Ampera yang Membuat Bulu Kuduk Merinding

2. Pondasi yang digunakan adalah H-Shap steel pile (300.305.15.8).

3. Jembatan sisi Seberang Ilir, berukuran 27 m +30 m + 27 m sedangkan sisi Seberang Ulu, berukuran 27 m + (6 x 30 m) + 27 m.

4. Jembatan Ampera terdiri dari 7 bentang untuk bentang utama.

5. Bentang A1-P1 dan bentang A2-P6 merupakan bentang ujung dengan panjang bentang 22,5 m berupa dua tumpuan sederhana (simple plate girder) dengan RC box-type pada abutment dan RC pier pada P2 dan P6.

BACA JUGA:5 Jembatan Megah dan Terpanjang yang Terbentang di Pulau Sumatera

6. Bentang P1-P2,  bentang P2-P3,  bentang  P4-P5, dan bentang P5-P6 merupakan bentang antara dengan panjang 58,5 m berupa bentang menerus (continuous plate girder) dengan RC rigid frame pada pilar P2 – P5.

7. Bentang P3-P4 merupakan bentang tengah panjang 75 m dengan struktur dua tumpuan sederhana (simple plate girder).

8. Mutu pelat beton yang akan digunakan pada model adalah 20 MPa, sedangkan mutu baja menggunakan SM400, dengan kuat leleh baja fy= 235 MPa dan kuat tariknya adalah fu= 400 MPa.

9. Hasil perhitungan rating factor, diketahui bahwa rating factor lebih besar dari satu (RF >1) sehingga struktur jembatan memiliki sisa kapasitas dalam menahan beban rencana, kecuali untuk rating factor ment girder tepi Bentang P3-P4 (RF = 0.8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: