Waspada Cuaca Ekstrem, Bisa Berakibat Fatal Bila Tidak Hindari Tempat Ini

Waspada Cuaca Ekstrem, Bisa Berakibat Fatal Bila Tidak Hindari Tempat Ini

Ilustrasi cuaca ekstrem di Palembang. Foto : edy/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah merilis perakiraan cuaca untuk sepekan ke depan. Diprediksi cuaca ektrem akan menerpa sejumlah wilayah di Indonesia. 

Mulai dari sebagian besar pulau Jawa, hingga beberapa wilayah di Sumatera. Prediksi cuaca ekstrem berlaku hingga 2 Januari 2023.

Itu artinya malam pergantian tahun 2022 juga akan terjadi cuaca ekstrem. Nah untuk kalian yang berencana membuat perayaan malam pergantian tahun, wajib disimak untuk menghindari sejumlah tempat ini.

1. Pantai atau Laut

Sesuai prediksi BMKB, cuaca ekstrem yang diprediksi kali ini berupa angin kencang dan hujan deras. Sebagaimana diketahui belakangan ini, cuaca ekstrem di laut seperti ombak tinggi dan air pasang sudah terjadi di sejumlah lokasi. Untuk itu agar dihindari berkegiatan di pantai maupun laut.

BACA JUGA:Bukan Badai, Hari Ini BMKG Imbau Waspada Potensi Hujan Petir dan Angin Kencang di Sebagian Wilayah Jakarta

BACA JUGA:Kapal ARK Shiloh yang Tenggelam di Perairan Sungsang Banyuasin Bukan Kapal Angkut Orang

2. Ruang Terbuka atau Acara Outdoor

Untuk perayaan malam pergantian tahun ini hendaknya tidak dilakukan di ruang terbuka atau outdoor. Acara digelar secara outdoor bisa berdampak fatal bagi kalian. 

Cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai angin kencang sebuah kondisi yang sangat buruk bagi acara outdoor. Untuk itu, mumpung masih ada waktu sebaiknya buat rencana kedua di tempat yang lebih aman. Seperti indoor atau di rumah saja.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Kapal ARK Shiloh Tenggelam di Perairan Sungsang Banyuasin

Guna mengantisipasi cuaca ekstrem ini, BMKG juga telah menyampaikan beberapa tips agar kita tetap aman dalam beraktivitas.

Waspada potensi bencana hidrometeorologi

Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang disebabkan karena faktor cuaca. Hal yang biasa terjadi adalah banjir, khususnya bagi masyarakat yang tinggal dan berada di daerah rawan bencana hidrometeorologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: