Buka Lomba Mancing, Bupati Ogan Ilir Ajak Lestarikan Perikanan

Buka Lomba Mancing, Bupati Ogan Ilir Ajak Lestarikan Perikanan

Peserta Lomba Mancing HUT Ogan Ilir di BBI, Ahad 25 Desember 2022.--

INDRALAYA, SUMEKS.CO - Menyambut HUT kabupaten ke-19, Dinas Perikanan Kabupaten Ogan Ilir menggelar lomba mancing yang bertajuk Ogan Ilir Bangkit. Kegiatan tersebut berpusat di Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Ogan Ilir kawasan Desa Tanjung Putus, Kecamatan Indralaya, Ahad, 25 Desember 2022.

Lomba mancing dibuka langsung oleh Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar. Di hadapan para peserta, Panca mengajak seluruh pecinta ikan supaya melestarikan perikanan yang ada di wilayah Ogan Ilir. 

"Kegiatan ini sebagai wadah untuk para penghobi mancing, baik dari Ogan Ilir sendiri maupun dari luar daerah untuk menyalurkan hobinya," kata Panca.

Kemudian, terkait kegiatan illegal fishing yang masih marak terjadi di wilayah Ogan Ilir, Bupati Panca menerangkan, Pemkab Ogan Ilir akan bekerja sama dengan Polres Ogan Ilir untuk menjaga perikanan di wilayahnya.

BACA JUGA:Saat Memancing, Kakak Adik di Gandus Ditemukan Tewas Tenggelam

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Ogan Ilir, Bustanul Arifin mengungkapkan, lomba mancing Ogan Ilir Bangkit ini diikuti oleh 600 peserta yang datang dari berbagai daerah di Ogan Ilir dan juga dari luar daerah. 

"Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Ogan Ilir," kata Bustanul.

Untuk memudahkan para peserta, panitia menyebarkan 5.000 kilogram atau 5 ton ikan berbagai jenis ke kolam pemancingan yang di BBI Kabupaten Ogan Ilir sebagai pusat pelaksanaan lomba.

"Ada ikan patin, lele, dan baung yang kita sebarkan di kolam ini," terang Bustanul.

Terpisah, Ketua Forum Komunitas Memancing Caram Seguguk, Afrizal mengatakan, lomba mancing Ogan Ilir Bangkit ini terdiri dari dua kategori. Yakni, ikan terberat jenis apapun dan ikan lele terbanyak.

"Diselenggarakannya lomba mancing ini salah satu tujuannya adalah, untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa cara mendapatkan ikan yang paling aman saat ini adalah dengan memancing," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: