Bahan Bakar CNG Gantikan Pertalite, Cek Harga Terbaru Pertalite di Seluruh Indonesia Per 25 Desember 2022

Bahan Bakar CNG Gantikan Pertalite, Cek Harga Terbaru Pertalite di Seluruh Indonesia Per 25 Desember 2022

Petugas SPBU mengisi BBM bersubsidi Pertalite ke kendaraan konsumen. Foto : Budiman/Sumeks--

”Mulai 2023 hanya RON 90 ke atas yang boleh beredar. Intinya itu, di bawah itu mau 87, 88, 89 itu sudah nggak bisa beredar,” ujar Saleh Abdurrahman.

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Pastikan Kebutuhan BBM Terpenuhi Jelang Nataru 2023

Kata Saleh Abdurrahman, jika dilihat dari aturan yang baru, BBM di bawah RON 90 dilarang penggunaannya lagi nantinya karena mempertimbangkan standar dan mutu (spesifikasi) BBM jenis bensin (Gasoline) RON 88 yang dipasarkan di dalam negeri.

a) Menetapkan formula harga dasar sebagai pedoman perhitungan harga jual eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang disalurkan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum dan/atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan di titik serah untuk setiap liter sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini.

b) Formula harga dasar untuk Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin {Gasoline) RON 89 sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini berlaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2022.

a) Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Minyak dan Gas Bumi wajib melaporkan penetapan harga jual eceran sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEDUA kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi setiap bulan dan/atau dalam hal terdapat perubahan dalam penetapan harga jual eceran

BACA JUGA:Gak Cuma Irit, tapi Sanggup Ngaspal Jos 100KM, CNG Pengganti BBM Pertalite

b.) Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Minyak dan Gas Bumi wajib menerapkan harga jual eceran yang ditetapkan sebagaimana dimaksud dalam huruf a.

CNG Gantikan BBM Pertalite

Bahan bakar CNG yang digadang-gadang sebagai pengganti BBM Pertalite kehadirannya ditunggu-tunggu masyarakat.

Untuk mengenal lebih jauh tentang CNG atau Compressed Natural Gas berikut ulasan tentang bahan bakar pengganti Pertalite tersebut. 

BACA JUGA:Kecuali PLTG Jakabaring Palembang, 3 Pembangkit Listrik Ini tak Gunakan CNG Pengganti BBM

Di Indonesia, CNG dikenal juga sebagai bahan bakar gas (BBG). Saat ini CNG atau BBG sudah semakin dikenal sebagai sumber energi moda transportasi umum yang dimiliki pemerintah.

Salah satu prototipe yang sukses menggunakan CNG atau BBG sebagai sumber energi mesin penggerak adalah moda transportasi Busway.

CNG selama ini dikenal sebagai salah satu energi alternatif yang terus dikembangkan pemerintah, selain energi listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: