Toko Digimap di PIM Dibobol Maling, Abujapi Petakan Jumlah Ideal Sekuriti di Mall

Toko Digimap di PIM Dibobol Maling, Abujapi Petakan Jumlah Ideal Sekuriti di Mall

Polisi berhasil meringkus pelaku pencurian 46 buah iPhone dari Toko Digimap di Palembang Indah Mall. Foto: edho/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pasca kejadian Toko Digimap di Palembang Indah Mall (PIM) dilaporkan telah dibobol pencuri, pada Ahad 18 Desember 2022 lalu.

Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) Provinsi Sumsel turut bicara mengenai hal tersebut.

"Kalau ada toko atau mall kemalingan, soal tanggung jawab, ganti rugi, dan lain sebagainya itu tergantung kesepakatan bersama antara manajemen mall dengan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP)," kata Pengurus dan Bendahara Abujapi Sumsel, Sunardi kepada SUMEKS.CO, Jumat 23 Desember 2022.

Sunardi menjelaskan, jumlah ideal security di tiap mall per lantai. Yakni satu sampai tiga orang. Namun, disesuaikan luas wilayah mall tertentu.

BACA JUGA:Toko iPhone Digimap Palembang Indah Mall Dibobol Pencuri, Sebagian Pemilik Gerai Khawatir

"Satu sampai tiga orang yang ideal per lantai di mall itu. Tapi itu tergantung juga kesepakatan negosiasi pihak mal," jelasnya.

Lanjut Sunardi, pos security yang ideal untuk mall berada di pintu masuk, dan eskalator.

"Ya lebih ideal lagi jangan hanya pintu masuk utama, namun tiap pintu masuk dan eskalator lebih baik ada pos security," ucapnya.

Kendati demikian, Sunardi menyebutkan jika Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) ingin membuat dan mengurus Surat Izin Operasional (SIO) akan melalui izin Abujapi dahulu. 

"Sesuai wilayah masing yang tersebar se-Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, Sunardi menuturkan Abujapi Sumsel bermanfaat untuk anggota BUJP. Pengurus menerima aspirasi semua saran dan masukan dari para anggota Abujapi dan BUJP Sumsel.

BACA JUGA:Toko Digimap Palembang Indah Mall Dibobol Maling, 46 Buah iPhone Raib Dicuri

Abujapi Sumsel menaungi dan memberikan pelayanan yang terbaik buat anggota Abujapi. Seperti memberikan aspirasi untuk kemajuan bersama, memberi saran dan arahan kepada BUJP jika membutuhkan, dan berbagai informasi.

"Apabila ada info-info dari Mabes Polri yang berkaitan. Pasti penyampainya tetap melalui Abujapi," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: