Jaksa Agung ST Burhanuddin: Kehadiran Jaksa Mewujudkan Masyarakat Damai

Jaksa Agung ST Burhanuddin: Kehadiran Jaksa Mewujudkan Masyarakat Damai

ST Burhanuddin berkunjung ke Kejari Palembang, Senin 19 Desember 2022. foto: istimewa--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Jaksa Agung RI ST Burhanuddin dalam kunjungan kerjanya, berpesan khususnya kepada seluruh Kejaksaan Negeri (Kejari) yang berada di wilayah hukum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel untuk lebih banyak berkomunikasi dengan masyarakat.

ST Burhanuddin menitikberatkan kepada pelayanan akses informasi mudah kepada media, agar dapat meningkatkan dukungan dan kepercayaan masyarakat kepada lembaga Kejaksaan semakin baik.

"Berikan akses informasi yang mudah, cepat dan akurat kepada masyarakat dan media sehingga dukungan dan kepercayaan terhadap lembaga kita juga semakin baik," kata ST Burhanuddin di sela-sela kunjungan kerja di Kejari Palembang, Senin 19 Desember 2022.

Selain itu, Jaksa Agung juga meminta kepada jajaran Adhyaksa di wilayah hukum Kejati Sumsel, agar tetap mengedepankan sisi humanis kepada masyarakat dalam penegakan hukum, yang dilandasi hati nurani. Hal itu,  adalah hal yang terpenting dalam menentukan arah wajah penegakan hukum di masa yang akan datang.

"Kehadiran jaksa harus dapat membangun keseimbangan dan keharmonisan untuk mewujudkan masyarakat yang damai," ujarnya.

BACA JUGA:Jaksa Agung ST Burhanuddin Meminta SMSI Kawal Kinerja Jaksa

Menurutnya, membangun kesadaran hukum dengan pendekatan humanis adalah suatu keharusan, karena ketika masyarakatnya sudah sadar hukum, maka akan terjamin ketaatan, keselamatan serta kesejahteraan.

Dalam kesempatan tersebut, Jaksa Agung juga menekankan kepada seluruh jajaran bahwa jabatan yang diemban saat ini, semata-mata merupakan bentuk pengabdian kepada negara dan masyarakat. 

Oleh karenanya, dia kembali mengatakan jangan sekali-sekali mencederai rasa keadilan di masyarakat, karena tugas sebagai jaksa sebagai aparat penegak hukum adalah menjaga dan memastikan masyarakat menerima keadilan dan kemanfaatan hukum. 

“Saatnya kita berbenah diri, bangun rasa empati di tengah kesulitan masyarakat serta saling membantu di tengah berbagai bencana di masyarakat. Hal yang paling terpenting adalah jangan membawa diri secara berlebihan, tunjukkan pola hidup sederhana, berbaur dengan masyarakat sehingga warga Adhyaksa mengetahui serta memahami apa kebutuhan hukum dari masyarakat,” ujar Jaksa Agung. 

Kunjungan kerja Jaksa Agung didampingi oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Sarjono Turin, Kepala Biro Umum, Kepala Pusat Penerangan Hukum, Asisten Umum Jaksa Agung, dan Asisten Khusus Jaksa Agung, yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA:Jaksa Agung ST Burhanuddin Kunker ke Kejari Banyuasin

Menurut informasi yang diterima, pada hari ini Selasa 20 Desember 2012, Jaksa Agung RI ST Burhanuddin masih melakukan beberapa giat kunjungan kerja di wilayah hukum Kejati Sumsel. (ril)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: