Ragam Kemplang Khas Kota Palembang, Nomor 5 Bikin Ketagihan

Ragam Kemplang Khas Kota Palembang, Nomor 5 Bikin Ketagihan

Kemplang khas Palembang memiliki beragam bentuk unik.-Fadli-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kemplang adalah makanan khas Kota Palembang dengan bahan dasar ikan yang umum bisa ditemukan di berbagai daerah di Selatan Sumatera. 

Kemplang umumnya dibuat dari campuran ikan tenggiri atau gabus, dengan tepung tapioka (sagu) serta penyedap rasa lainnya. 

Awalnya direbus kemudian dikeringkan hingga bisa digoreng atau dipanggang untuk cemilan atau pelengkap hidangan utama.

Namun tahukan kamu? Dahulu ada beberapa jenis kemplang khas Palembang yang unik. Konon disajikan hanya pada saat upacara pernikahan adat Palembang saja.

BACA JUGA:Wow! 4 Tempat Makan di Kota Palembang Ini Dipromosikan Presiden Jokowi, Apa Saja?

1. Kemplang Tunjung

Kemplang Tunjung ini memiliki ciri khas berbentuk bulat atau persegi empat, dengan diberi kreasi motif bunga lengkap dengan daun.

Umumnya Kemplang Tunjung yang berbahan olahan ikan serta tepung tapioka ini berwarna putih seperti warna kemplang biasanya. 

Juga dipadukan dengan warna merah dah hijau, dari pewarna makanan.

Kemplang Tunjung akan berbentuk sangat besar setelah digoreng, selain bisa dimakan juga sebagai penghias sajian makanan adat Palembang seperti Buluh Sebatang.

BACA JUGA: Mie Celor Poligon, Miliki Cita Rasa Berbeda yang Bisa Buat Wong Palembang Ketagihan

2. Kemplang Anggur (Merah)

Bentuk Kempelang yang satu ini memang dibuat seperti buah anggur, dengan ciri khas berwarna merah dan putih pada bagian tengah.

Cara pembuatannya tergolong cukup rumit. Sebelum direbus bahan dasar Kemplang di buat berbentuk seperti pipa terlebih dahulu, setelah jadi kemudian kembali diselimuti adonan warna merah membentuk seperti anggur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: