Selama Nataru, Polda Sumsel Pastikan Stok BBM dan Elpiji 3 Kilogram Aman

Selama Nataru, Polda Sumsel Pastikan Stok BBM dan Elpiji 3 Kilogram Aman

Direktur DItreskrimsus Polda Sumsel (ketiga kiri) dan pihak Pertamina dan Hiswana Migas saat memberikan keterangan kepada awak media usai melakukan rakor. Foto: edho/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Polda Sumsel dan Pertamina serta Hiswana Migas memastikan stok BBM dan gas elpiji 3 Kilogram aman menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Ditreskrimsus Polda Sumsel mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Kamis 15 Desember 2022 di Mapolda Sumsel.

"Untuk kesiapan, baik itu BBM subsidi dan non subsidi serta gas elpiji 3 kg dalam kondisi cukup," kata Direktur Ditreskrimsus Polda Sumsel Kombes Pol Barly Ramadhani, usai memimpin rakor di ruang Devia Cita Mapolda Sumsel, Kamis 15 Desember 2022 sore. 

Regional Manager Retail Sales Pertamina Sumbagsel, Awan Raharjo di Sumsel ada empat Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) yang berada di Plaju, Kertapati, Baturaja, dan Lubuk LinggauLinggau dipastikan akan terus beroperasi sepanjang Nataru mendatang. 

BACA JUGA:Polairud Polda Sumatera Selatan Perketat Keamanan Perairan Selama Nataru

Awan mengatakan, pihaknya terus melakukan analisa dan pengendalian stock (maintanace) dalam 10 hari. 

"Bukan berarti 10 hari kemudian stok kita habi tentu tidak, karena suplai kilang kita yang ada di Plaju itu menggunakan pipa untuk TBBM Kertapati dan RTW (Rail Tank Wagon) yang menyuplai ketiga TBBM kita," terangnya.

Untuk kuota suplai, dipastikan dalam kondisi mencukupi baik itu Pertalite, Bio Solar maupun gas elpiji 3 kilogram. 

"Untuk pertalite untuk realisasi year to date-nya saja kita masih ada saving, yang nanti kita gunakan untuk Nataru," tambah dia.

BACA JUGA:Bengkel Mobil di Kota Palembang yang Siap Melayani Service Kendaraan Selama Libur Nataru 2023

Dan secara Year to Date, selisih antara kuota dan realisasi per tanggal 14 Desember 2022 kemarin, untuk pertalite angkanya 97 persen realisasi, solar 98.5 persen realisasi. 

Sebanyak tiga persen saving pertalite baru akan digunakan saat di puncak perayaan Nataru mendatang. 

Lalu untuk saving solar 1.5 persen baru akan direalisasikan menjelang perayaan Natal yang diprediksi akan ada peningkatan pengguna. 

"Biasanya, setelah tanggal 25 Desember karena itu libur akhir itu, akan ada penurunan pengguna. Kami yakinkan Pertalite dan Solar akan cukup. Untuk gas elpiji 3 kg, untuk realisasi dan kuota yang disiapkan secara Year to Date per tanggal 14 Desember 2022 berada pada angka 98 persen. Saving dua persen akan kita gunakan menjelang Natal ataupun tahun baru," tambahnya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: