Jumlah Penduduk di Kecamatan Ini Hanya 21 ribu Jiwa, Terpadat di Kecamatan Kayuagung

Jumlah Penduduk di Kecamatan Ini Hanya 21 ribu Jiwa, Terpadat di Kecamatan Kayuagung

Kantor Camat Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir.-Foto: Niskiah/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sangat luas terdiri dari 18 Kecamatan dengan 327 desa. Namun dari sejumlah kecamatan tersebut, hanya beberapa kecamatan saja yang memiliki jumlah penduduk kategori padat.

Berdasarkan data jumlah penduduk yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten OKI tahun 2021, kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak yakni Kecamatan Kayuagung. Tercatat dengan jumlah 76.393 jiwa. 

"Dari data yang ada untuk urutan pertama jumlah penduduk terbanyak terdapat di Kecamatan Kayuagung dengan jumlah 76.393 jiwa," ungkap Kepala BPS Kabupaten OKI, Anugrahani Prasetyowati, melalui Ketua Tim Fungsi Statistik Sosial, Nugraha Pukuh.

Nugraha memaparkan, jumlah terbanyak kedua terdapat pada Kecamatan Lempuing dengan jumlah 73.158 jiwa. Kemudian menempati urutan ketiga adalah Kecamatan Lempuing Jaya dengan jumlah 62.685 jiwa. 

Selanjutnya disusul jumlah penduduk terbanyak ada di Kecamatan Mesuji Makmur dengan jumlah 56.569 jiwa. Untuk urutan kelima terbanyak ada di Kecamatan Cengal dengan jumlah 46.863 jiwa. 

BACA JUGA:River Side Restaurant, Makan Sembari Menikmati Keindahan Sungai Musi dan Jembatan Ampera

"Jumlah penduduk ini berdasarkan Sensus Penduduk yang dilakukan oleh petugas kita langsung ke lapangan," ungkapnya. 

Diterangkan, untuk jumlah penduduk paling sedikit berada di Kecamatan Pedamaran Timur dengan jumlah hanya 21.954 jiwa. Lalu Kecamatan Teluk Gelam dengan jumlah 24.843 jiwa dan Kecamatan Pangkalan Lampam dengan jumlah hanya 27.557 jiwa.  

Masih kata dia, untuk Kecamatan lainnya jumlah penduduknya berkisar 35.000 jiwa hingga 45.000 jiwa. Yakni pada Kecamatan Mesuji, Mesuji Raya, Sungai Menang, Tulung Selapan, Pedamaran, Tanjung Lubuk. 

Lalu, Kecamatan SP Padang, Jejawi, Pampangan dan Air Sugihan. Dimana seperti Kecamatan Mesuji Raya dan Mesuji Makmur adalah Kecamatan pemekaran dari Kecamatan Mesuji. Begitupun juga Kecamatan Lempuing Jaya dan Pedamaran adalah Pemekaran. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: