Harga Sembako Naik Jelang Nataru, Kadisdag Sumsel Anggap Biasa

Harga Sembako Naik Jelang Nataru, Kadisdag Sumsel Anggap Biasa

Seorang pedagang sembako di salah satu pasar tradisional di Kota Palembang.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), stok ketersediaan kebutuhan pokok di Sumsel dipastikan aman hingga dua bulan ke depan. Bahkan, ketersediaan beras di gudang Bulog bisa memenuhi kebutuhan hingga pertengahan tahun 2023.

Kepala Satgas Pangan Sumsel Kombes Pol Barly Ramadhany mengatakan, berdasarkan pantauan tim Satgas ke sejumlah pasar dan produsen pangan, dipastikan stok kebutuhan pokok aman. Sejumlah barang kebutuhan pokok yang menjadi perhatian khusus yakni beras, kedelai, bawang merah-bawang putih, cabai, telur dan minyak goreng.

"Semua barang kebutuhan pokok itu kami pastikan cukup, bahkan hingga bulan Februari 2023," kata Barly Ramadhany saat dihubungi, Rabu 7 Desember 2022.

Hal senada diungkapkan, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Ahmad Rizali. Dia menuturkan, beras dan kedelai masing-masing tersedia 60.000 ton yang tersimpan di gudang penyimpanan Bulog dan beberapa produsen di Sumsel. Lalu, bawang merah dan bawang putih tersedia 300 ribu ton per bulan atau total 900.000 ton," jelasnya.

"Masing-masing di gudang penyimpanan kebutuhan pokok kita ada," ujarnya.

BACA JUGA:Satgas Pangan Sumsel Pastikan Jumlah Sembako Selama Nataru Cukup

Rizali mengatakan, Tim Satgas Pangan memastikan harga setiap barang kebutuhan pokok tersebut terjangkau oleh masyarakat. Meskipun, seminggu belakangan mengalami kenaikan rata-rata 5 persen. Kenaikan tersebut diperkirakan sampai satu bulan dan akan kembali normal. 

"Selebihnya relatif stabil karena sudah ada komitmen produsen, distributor dan Satgas," jelasnya.

Terpisah, Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Sumsel Babel) memastikan stok bahan pokok di wilayahnya dalam kondisi aman. Bahkan ketersediaan beras di gudang Bulog bisa memenuhi kebutuhan hingga 7 bulan ke depan.

"Stok beras kita aman. Masyarakat tidak perlu khawatir," beber Kepala Perum Bulog Divre Sumsel Babel, Eko Hari Kuncahyo melalui Kepala Seksi Tata Usaha dan Humas, Mukhlis Affandi.

Lanjutnya, beras tersebut disimpan dan diawasi kualitasnya di gudang penyimpanan milik Bulog. Sehingga pihaknya memastikan kualitas beras Bulog baik dan terjaga.Selain menjanjikan stok beras aman dan berlebih, Perum Bulog Divre Sumsel Babel turut menjamin berbagai komoditas seperti minyak goreng dan tepung terigu tersedia dalam jumlah yang cukup.

"Bahkan untuk stok daging beku kita juga kondisinya aman dan terus kita monitoring," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: