Jelang Nataru, Harga Sembako di Empat Lawang Mulai Naik

Jelang Nataru, Harga Sembako di Empat Lawang Mulai Naik

Harga sembako di Pasar Pulau Emas, Kecamatan Tebing Tinggi mengalami kenaikan. Foto: Hendro/sumeks.co--

EMPAT LAWANG, SUMEKS.CO - Menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), sejumlah bahan pokok di Pasar Pulau Emas, Tebing Tinggi, Kabupaten EMPAT LAWANG, mengalami kenaikan.

Harga awal beras 10 kilogram biasanya berkisar Rp 115 ribu sekarang naik Rp 125 ribu per karung. Harga beras mengalami kenaikan diangkat Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu per kilogram, tergantung merk.

Sedangkan untuk harga minyak sayur sekarang naik dengan harga Rp 385 ribu per dus, isi 24 kg,  yang semula harga Rp 335 ribu.

"Bulan November kita masih bisa menjual minyak dengan harga Rp 15 ribu perkilogram, namun sekarang naik sebesar Rp 3 ribu perkilogram, kini harga menjadi Rp 18 ribu per kilogram," ungkap Wati, salah seorang pedagang.

BACA JUGA:Satgas Pangan Sumsel Pastikan Jumlah Sembako Selama Nataru Cukup

Bukan hanya beras dan minyak sayur yang mengalami kenaikan, gula pasir juga mengalami kenaikan, dengan harga Rp 620 ribu per karung isi 50 kilogram.

Meskipun mengalami kenaikan harga, namun tidak mempengaruhi pembelian masyarakat. Setiap harinya Wati mampu memperoleh penghasilan Rp 1 juta.

"Kalau untuk pembelian oleh masyarakat, tidak naik dan tidak juga turun, dalam sehari itu biasanya mendapatkan penghasilan Rp 1 juta. Walaupun begitu memang setiap tahunya menjelang Nataru harga komoditi sembako mengalami kenaikan," ucapnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag ) Kabupaten Empat Lawang, Sopian menyebut, jika harga mengalami lonjakan maka pihaknya akan turun mem-back up dengan Bantuan Tidak Tetap (BTT).

BACA JUGA:Sambut Libur Nataru, Polrestabes Palembang Petakan Daerah Rawan dan Tambah Kekuatan Personel

"Untuk sementara belum terlihat lonjakan harga, nanti jika terjadi lonjakan dan inflasi sudah tentu kita siap untuk mem-back up dengan BTT sesuai peruntukannya," tukasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: