Kenalkan Podcast Sebagai Media Pembelajaran di Era Milenial

Kenalkan Podcast Sebagai Media Pembelajaran di Era Milenial

--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Salah satu ciri utama yang melekat pada generasi milenial sekarang adalah teknologi digital. Para generasi Z memanfaatkan teknologi digital dalam seluruh kegiatan mereka, mulai dari bersosialisasi sampai mengemban pendidikan.

Salah satu bentuk teknologi digital yang sekarang sedang berkembang pada generasi milenial adalah podcast. podcast telah menjadi sebuah aplikasi yang banyak digunakan saat ini

untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Melalui podcast orang dapat mendengarkan hal-hal yang mereka ingin ketahui dengan mudah.

Melihat hal tersebut Laboratorium Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Sriwijaya pun menyelenggarakan sebuah kegiatan bertajuk “Workshop Penyelenggaraan Podcast Pendidikan.”

BACA JUGA:Jakabaring Sport City Palembang Kini Dikenal Sampai ke Mancanegara

“Workshop Penyelenggaraan Podcast Pendidikan,” diselenggarakan pada hari Kamis, 24 November 2022 dari pukul 08.30 - 12.00 WIB bertempat di Laboratorium Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Sriwijaya.

Acara ini merupakan hasil kerjasama antara tiga laboratorium yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, yaitu Laboratorium Pendidikan Bahasa Indonesia, Laboratorium Multimedia, Laboratorium Pendidikan Bahasa Inggris, serta Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Palangka Raya.

Acara ini diawali dengan sambutan dari Dr. Rita Inderawati M.Pd., Kepala Laboratorium Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Sriwijaya, yang menghaturkan terima kasih kepada pimpinan fakutas yang selalu mendukung semua kegiatan lab serta melaporkan peserta yang hadir sebanyak 198 orang dari berbagai universitas dari Sumsel dan provinsi lain dan workshop dilaksanakan selama tiga kali pertemuan sampai menghasilkan naskah podcast dan produk video podcast.

Dilanjutkan dengan sambutan serta pembukaan acara secara resmi oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, yaitu Dr. Hartono, M.A. Dalam sambutannya Dr. Hartono, M.A. menyampaikan pentingnya penguasaan IT bagi para mahasiswa, agar ketika nanti para mahasiswa bekerja di masyarakat mereka dapat survive dan tidak hanya berkutat di bidang pendidikan saja.

BACA JUGA:Cathay Pacific Buka Kembali Rute ke Bali, Gaet Wisman China-Hong Kong

 “Kegiatan-kegiatan seperti ini, harus banyak kita lakukan dan kita sosialisasikan karena sangat dibutuhkan oleh insan-insan pendidikan,” ujarnya.

Pada workshop kali ini Laboratorium Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sriwijaya mengundang empat narasumber yang luar biasa secara sekaligus.

Sesi pertama dibuka oleh Dr. Sardianto Siahaan, M.Pd. Beliau membuka workshop tersebut dengan memperkenalkan apa itu podcast dalam pendidikan. Dr. Sardianto, berpendapat bahwa dengan munculnya podcasting ini maka akan menjadi peluang baru untuk melibatkan guru dan siswa memperkuat program pembelajaran yang ada saat ini. 

Pada sesi kedua diisi oleh Eryansyah, S.Pd., M.A., Ph.D. yang membahas tentang kecakapan abad-21 dalam podcast, menurut beliau ada tiga skill yang harus dimiliki oleh para gerenasi milenial, yaitu learning skill, literasi skill, dan life skill. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: