Polres Musi Banyuasin Tangkap Pemalsu BBM Pertalite, Dicampur Pewarna Biar Terlihat Asli

Polres Musi Banyuasin Tangkap Pemalsu BBM Pertalite, Dicampur Pewarna Biar Terlihat Asli

Barang bukti Pertalite yang sudah dioplos diamankan jajaran Polres Musi Banyuasin di du atempat berbeda. Foto: dokumen/sumeks.co--

BACA JUGA:Polda Sumsel Ungkap Solar Oplosan Beromzet Miliaran

Terungkapnya kasus ini berawal dari adanya informasi masyarakat terkait adanya kegiatan penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis solar dan memalsukan atau menirukan bahan bakar BBM jenis pertalite tersebut. 

Setelah mendapat informasi tersebut, Unit Pidsus Satreskrim Polres Muba langsung ke TKP dan tim melihat Eko Setyo sedang memindahkan atau menguras minyak dari tangki mobil truk ke jeriken.

BBM bersubsidi jenis solar tersebut sebelumnya tersangka Eko membawanya dengan cara mengisi BBM bersubsidi jenis solar di SPBU dengan menggunakan mobil truk berwarna krem kuning. 

Kapolres Muba AKBP Siswandi SIK SH MH, melalui Kasat Reskrim AKP Dwi Rio Andrian, mengatakan setelah dilakukan penggeledahan di warung tempat ia melakukan pengurasan minyak dari tangki mobil truk tersebut dan didapatkan Suhut alias Ujang sang pemilik warung tersebut sudah menimbun BBM jenis solar dan terdapat alat-alat untuk melakukan pengoplosan BBM jenis pertalite.

BACA JUGA:Amankan 108 Ton Solar Oplosan, Polda Sumsel Bidik Korporasi Penyuplai

Selanjutnya dilakukan interogasi terhadap tersangka dan mengakui telah melakukan tindak pidana meniru ataupun memalsukan Pertalite dengan cara mencampur bahan bakar minyak Pertalite dengan minyak hasil penyulingan.

“Kemudian ditambahkan serbuk pewarna berwarna hijau sehingga hasilnya seperti warna minyak Pertalite asli. Selanjutnya tersangka berikut barang bukti diamankan ke Polres Muba, untuk dilakukan proses lebih lanjut,” ungkapnya.(boi/harian muba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: