4 Tersangka Pembunuh Romli Jalani 32 Adegan Rekonstruksi di Mapolres OKI

4 Tersangka Pembunuh Romli Jalani 32 Adegan Rekonstruksi di Mapolres OKI

Keempat tersangka kasus pembunuhan korban Romli, di Sungai Menang menjalani rekonstruksi, di halaman Mapolres OKI, Rabu 23 November 2022.-Foto: Niskiah/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Polres Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar rekonstruksi pembunuhan Romli (44), yang ditemukan terkubur dalam kubangan lumpur di Distrik Camp, Desa Sungai Menang, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten OKI. Keempat tersangka menjalani 32 adegan rekonstruksi di halaman Mapolres OKI, Rabu 23 November 2022.

Tersangka mengenakan baju tahanan berwarna orange, memeragakan adegan peran mereka masing-masing. Sehingga akhirnya korban meninggal dunia dan dikubur dalam kubangan lumpur. 

"Hari ini empat pelaku kasus pembunuhan di Desa Sungai menjalani rekonstruksi setelah sebelumnya dirilis di Polda Sumsel usai ditangkap oleh Subdit 3 Jatanras Polda Sumsel bersama Satreskrim Polres OKI. Sebelumnya juga telah menjalani pra rekonstruksi," kata Kapolres OKI, AKBP Dili Yanto SH MH melalui Kasat Reskrim AKP, Jatrat Tunggal RWP SIK, kepada awak media, Rabu 23 November 2022.

Diterangkan Kasat Reskrim, masing-masing peran tersangka yakni Sutrisno alias Ten (39) sebagai otak pembunuhan, Supriadi alias Adi (42), bertugas memantau lokasi, Andhika alias Jaka (38) bertugas menombak korban dan Iwan (36) sebagai sopir ketek yang mengantarkan para tersangka, termasuk yang memberikan tombak. Para tersangka merupakan warga Desa Sungai Menang, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten OKI.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Jaksa Tetapkan Tersangka Korupsi Dana Hibah Bawaslu Prabumulih

"Rekonstruksi ini ada sebanyak 16 adegan utamanya ditambah adegan yang kecil sehingga berjumlah 32 adegan hingga akhirnya korban meninggal dunia," ungkap Kasat Reskrim. 

Tersangka Ten dilumpuhkan karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap bersama Adi dan Jaka ditangkap pada Sabtu 5 November 2022 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat dan tersangka Iwan pada Senin 7 November 2022 di Kota Bekasi, Jawa Barat tanpa perlawanan. 

Adapun untuk motif pembunuhan ini lantaran para tersangka sakit hati lantaran korban Romli meminta minyak solar secara paksa.

“Para pelaku merasa sakit hati karena korban ini meminta jatah minyak solar kepada helper di tempat perusahaan yang dijaga oleh pelaku Ten,” katanya. 

Karena emosi, tersangka Ten mengambil senpi rakitan jenis revolver lengkap dengan empat butir amunisi dari rumahnya.

“Setelah menghubungi dan mengajak pelaku lain, korban langsung ditemui di lokasi tempat alat berat yang sedang mengerjakan jalur kanal,” terangnya. 

Korban langsung ditembak oleh tersangka Ten sebanyak tiga kali dan menembus bagian dada sebelah kiri.

BACA JUGA:Nanda Dimakamkan di TPU Paku Kayuagung, Isak Tangis Keluarga dan Kerabat Pecah

“Setelah ditembak, korban ditombak oleh pelaku Jaka dan mengenai pinggang sebelah kiri korban. Tombak yang diberikan oleh pelaku Iwan memang sudah dibawa di dalam ketek yang disopiri oleh pelaku Adi. Dan terakhir pelaku Ten membacok leher bagian kanan korban hingga akhirnya korban mengapung,” jelas Kasat. 

Sumber: