Gubernur Sumsel Ingatkan Pentingnya Arsip Daerah, Minta Tata Kelola Kearsipan Lebih Ditingkatkan

Gubernur Sumsel Ingatkan Pentingnya Arsip Daerah, Minta Tata Kelola Kearsipan Lebih Ditingkatkan

Gubernur Sumsel, Herman Deru.-Foto: Edy Handoko/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru mengimbau Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel untuk bisa meningkatkan kinerja tata kelola dan menanamkan pentingnya arsip bagi sebuah daerah.

"Pentingnya menjaga arsip karena sejarah tidak akan bisa dikenang jika tidak ada kearsipan," ungkap Deru saat menghadiri launching penerapan Sistem Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), di Auditorium Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa 22 November 2022.

Dikatakan Deru, arsip menjadi salah satu hal yang penting karena sangat berguna di masa yang akan datang. Mengingat, setiap kejadian dan peristiwa baik teknis maupun dinamis bisa mudah ditemukan dengan adanya arsip.

"Kita tidak akan tahu bagaimana sejarah itu pernah ada, jika tidak ada arsip," ujar Deru.

Lanjut Deru, meski saat ini era digital telah berkembang pesat diseluruh dunia, namun arsip tetap diperlukan. Karena, kejadian di masa lampau akan mudah dicari dan diingat oleh semua orang jika suatu arsip tersebut masih tersimpan.

BACA JUGA:Innalilahi, Ki Joko Bodo Berpulang, Begini Pesan Sang Anak

"Jangan sampai generasi yang akan datang semakin tidak paham tentang arsip sejarah," sambungnya.

Untuk itu, Deru mengimbau kepada Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel agar meningkatkan tata kelola kearsipan. Selain itu, diimbau juga untuk mensosialisasikan dan menanamkan doktrin kepada masyarakat tentang pentingnya arsip.

"Saya minta agar arsip ini lebih ditingkatkan lagi lebih tinggi guna pengetahuan yang akan datang," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: