Awal Tahun Depan Mulai Pembangunan Venue Porprov 2023 Lahat, Perusahaan Diajak Berpartisipasi

Awal Tahun Depan Mulai Pembangunan Venue Porprov 2023 Lahat, Perusahaan Diajak Berpartisipasi

Bupati Lahat meninjau lokasi pembangunan venue Porprov 2023.-Foto: dokumen/sumeks.co-

LAHAT, SUMEKS.CO - Awal tahun 2023 mendatang, pembangunan dan perbaikan venue cabang olah raga (cabor) yang akan diguanakan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV 2023 Lahat, akan dilaksanakan. Semua persiapan telah dilakukan dari kesiapan sarana prasarana dan atlet.

Bupati Lahat, Cik Ujang, SH telah meninjau lahan venue. Diantaranya ada stadion mini dan kolam renang di kawasan Jalan Ribang Kemambang, beberapa hari lalu.

Bupati Didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Drs Beni Zainuddin, M. Si, Kepala Dinas PU BM Mirza Azhari, ST, MT, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Herman Oemar beserta anggota dan OPD terkait lainnya.

Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Lahat, Herman Oemar mengungkapkan, untuk venue bantuan perusahaan PT BA yakni stadion mini dan kolam renang, saat ini dalam tahap land clearing.

BACA JUGA:Oknum TNI Timbun Puluhan Ribu Liter BBM Ilegal di Gudang Banyuasin

"Akhir Desember Insyaallah pelaksanaan fisik dimulai," ungkapnya, Rabu 16 November 2022.

Lalu untuk venue lainnya awal tahun 2023 akan dilakukan renovasi. Bantuan perusahaan- perusahaan baik tambang batubara, energi dan perkebunan.

"Semua pembiayaan baik pembangunan maupun renovasi/rehab tidak menggunakan APBD (non APBD). Tetapi  Pemkab Lahat menerima hibah barang dari partisipasi perusahaan - perusahaan yang ada di Kabupaten Lahat," bebernya.

BACA JUGA:Kesal Lihat Korban Cari Muka ke Calon Kades, Emosi Berujung Kematian

Sementara Ketua KONI Lahat, Kalsum Barefi mengungkapkan untuk kesiapan atlet. Data awal ada 880 atlet dan offisial yang disiapkan.

"Dari 44 cabor yang ada di Lahat, kesiapan atlet bisa berkurang dan bertambah. Tergantung dari kesiapan dari cabor untuk menghadapi Porprov. Kami sudah meminta data atlet masing - masing cabor," ungkapnya.

Para atlet dari masing - masing cabor, sejauh ini telah dipersiapkan dan diasah kemampuannya. Dengan mengikutsertakan ke kejuaraan. Baik di luar maupun melalui lomba Bupati Cup. Selanjutnya cabor melakukan seleksi atlet guna dipersiapkan untuk menkadi atlet Porprov.

"Kita berharap para atlet dapat mengharumkan nama Kabupaten Lahat. Selain itu event olahraga ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Lahat," tegasnya.

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang SH menyampaikan, agar Pemkab dan pihak konsultan bisa mengawasi setiap detail pembangunan venue di Kabupaten Lahat. Dengan adanya bangunan venue olahraga ini nantinya geliat dunia olahraga di Kabupaten Lahat dapat berkembang dengan munculnya atlet - atlet potensial.

Disamping itu, Perkembangan perekonomian penduduk di wilayah sekitar venue diyakini juga akan semakin maju seiring banyaknya masyarakat datang. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: