Prof Fatimah Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Ilmu Manajemen FE UMP

Prof Fatimah Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Ilmu Manajemen FE UMP

Prof Dr Hj Fatimah SE MSi (tengah) dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Manajemen UM Palembang. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah (FE UM) Palembang kembali menelurkan guru besar. Kali ini Prof Dr Hj Fatimah SE MSi dikukuhkan sebagai guru besar Ilmu Manajemen Kamis 3 November 2022. 

Dalam upacara pengukuhan guru besar yang dilangsungkan di Aula Gedung KH Faqih Usman Lantai VII Kampus A UM Palembang ini, Fatimah menyampaikan orasi ilmiah dengan judul Digitalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Era Revolusi Industri 4.0. 

Fatimah yang merupakan dosen tetap yayasan fakultas ekonomi dan bisnis ini meraih gelar guru besar berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nomor 31763/MPK.A/KP.05.01/2022 tentang kenaikan jabatan akademik dosen. 

Berdasarkan SK Mendikbudristek tersebut, maka terhitung 1 Mei 2022 Fatimah dinaikan jabatannya menjadi guru besar bidang ilmu manajemen.  

BACA JUGA:Luar Biasa, Unsri Tambah Lima Guru Besar

Menurut Fatimah, di era digitalisasi saat ini mengubah segalanya, baik itu pola pikir, pekerjaan, interaksi dengan manusia dan lain sebagainya.

“Perkembangan kehidupan yang semakin canggih ini membawa pengaruh bagi kehidupan masyarakat. Sehingga dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas agar manusia bisa lebih bijak dalam menggunakan teknologi,” imbuhnya. 

SDM merupakan salah satu determinan utama yang menentukan keberhasilan sebuah negara dalam memanfaatkan peluang dari revolusi industri 4.0. 

Untuk itu, kebijakan dan strategi yang tepat sangat diperlukan untuk menyiapkan SDM yang unggul, berdaya saing dan mampu menjawab kebutuhan maupun tantangan industri 4.0.

BACA JUGA:Dikukuhkan Menjadi Guru Besar Unsri, Ini Profil Prof Armina

Selama enam tahun terakhir ini, jelasnya, pemerintah memang telah sangat terlihat untuk mendorong industri-industri berbasis teknologi 4.0 , contohnya dengan program 1000 rintisan (start up).  

Pemerintah juga harus lebih aktif mempromosikan ketersediaan sumberdaya manusia atau tenaga kerja yang berkualitas untuk mendukung industri 4.0. 

Sebab,  tranformasi kebijakan pendidikan nasional dianggap lambat untuk memenuhi kebutuhan industri yang tumbuh. Untuk alasan ini kebijakan persiapan sumberdaya manusia diperlukan  yang dibagi menjadi  tiga langkah.

Rektor UMP, Dr Abid Djazuli, SE, MM mengatakan pengukuhan Prof Fatimah menjadi guru besar bidang ilmu manajemen dapat memberi motivasi bagi dosen-dosen lain untuk bisa meraih hal yang serupa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: