Gebuk Ranjang

Gebuk Ranjang

--

Gerakan Ibu Kader Menyebarkan Manfaat KB Jangka Panjang

Oleh : Soraya Haris, Dwi Anada Putri, 

Feby Susanti, Roza Holilah, Dwi Antasari

Program Keluarga Berencana adalah upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan (PUP), pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera, serta untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi, spiritual dan sosial budaya penduduk Indonesia agar dapat dicapai keseimbangan yang baik dengan kemampuan produksi nasional (Handayani, 2010: 28) Sasaran program KB dibagi menjadi 2 yaitu sasaran langsung dan sasaran tidak langsung tergantung dari tujuan yang ingin dicapai.

Sasaran langsung adalah pasangan usia subur (PUS) yang bertujuan untuk menurunkan tingkat kelahiran dengan cara penggunaan kontrasepsi berkelanjutan.

Sedangkan sasaran tidak langsungnya adalah pelaksana dan pengelola KB, dengan tujuan menurunkan tingkat kelahiran melalui pendekatan kebijaksanaan kependudukan terpadu dalam rangka mencapai keluarga yang berkualitas, keluarga sejahtera (Hanayani, 2010: 29).

Hasil Laporan Tahunan Puskesmas Tegal Binangun pada awal tahun 2020 di acara Loka Karya Mini terdapat permasalahan dimana rendahnya pencapaian Akseptor Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dari Tahun ke Tahun di kelurahan Talang Putri dan Plaju Darat Kecamatan Plaju (Tahun 2018-2019) sehingga melahirkan sebuah Inovasi yang turut memberdayakan Masyarakat dalam hal ini kader agar turut menyebarkan informasi dan pengetahuan tentang Metode Kontrasepsi Jangka Panjang kepada masyarakat khususnya Pasangan Usia Subur.

BACA JUGA:6 Siswa Madrasah Asal Sumsel Lolos Madrasah Robotic Competition

Kader merupakan perpanjangan tangan bagi Puskesmas kader pula adalah orang yang dikenal baik masyarakat sekitarnya sehingga kader dapat memberikan informasi salah satunya adalah informasi tentang Kontrasepsi Jangka Panjang.

GEBUK RANJANG merupakan singkatan dari “GErakan iBU Kader dan masyaRakat menyebarkAN manfaat KB Jangka PanJANG”.

Gerakan ini melibatkan Kader, ibu RT, RW turun langsung ke masyarakat untuk mengajak warganya menggunakan kontrasepsi Jangka Panjang yaitu IUD dan Implan.

Metode Kontrasepsi Jangka Panjang merupakan metode kontrasepsi dengan tingkat keefektifan yang tinggi dengan tingkat kegagalan yang rendah serta komplikasi dan efek samping yang lebih sedikit dibandingkan metode kontrasepsi yang lain.

BACA JUGA:Curi Handphone Milik Husni, Firman Ditangkap Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: