Hasil Drawing Piala Asia U-20 2023: Indonesia Masuk Grup A Bersama Tuan Rumah

Hasil Drawing Piala Asia U-20 2023: Indonesia Masuk Grup A Bersama Tuan Rumah

Selebrasi Marselino Ferdinan setelah mencetak gol ke gawang Vietnam U-20 pada matchday terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.-Foto: Dok. PSSI-

SUMEKS.CO - Timnas Indonesia U-20 akan tergabung di grup A Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan mendatang.

Drawing yang dilakukan secara live di akun Youtube AFC Asian Cup, menempati Indonesia di pot 2 bersama Jepang, Tajikistan dan Australia.

Hasilnya, Indonesia tergabung di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Iraq dan Syria.

Sebanyak 16 tim telah memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023, 1-18 Maret 2023. Timnas Indonesia U-20 termasuk satu di antara belasan tim tersebut.

BACA JUGA:Lagi, Timnas U-20 Indonesia Kantongi Poin Penuh Usia Tekuk Hongkong di Piala AFC U-20 2023

16 tim peserta yang dibagi ke dalam empat grup berbeda dan hanya dua tim dari masing-masing grup yang akan lolos ke perempat final Piala Asia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 tidak lantas berada dalam posisi yang lebih menguntungkan karena menempati pot dua. Hal ini dikarenakan tim-tim yang mengisi pot tiga dan empat juga tidak akan mudah dikalahkan.

Timnas Indonesia U-20 berpotensi jumpa Irak dan Iran yang masuk dalam daftar tim tersukses di Piala AFC U-20. Selain itu terdapat tim-tim kuat lain macam China, Suriah, hingga Vietnam.

Selain Uzbekistan yang berstatus sebagai tuan rumah, terdapat 15 tim yang telah dinyatakan lolos dengan status juara grup dan lima runner-up terbaik dari kualifikasi.

BACA JUGA:Ini 23 Pemain yang Dibawa Shin Tae Yong ke Kualifikasi Piala AFC U-20, Ada 6 Nama Terpaksa Dicoret!

Dalam pengundian ini, 16 tim terbagi dalam empat pot. Indonesia ditempatkan di pot 2 karena pada Piala Asia U-19 2018 berhasil mencapai perempat final.

Untuk diketahui, pada gelaran kali ini AFC mengubah kategori kejuaraan dari Piala Asia U-19 menjadi Piala Asia U-20.

Perubahan serupa juga diterapkan AFC untuk turneman kelompok umur lain, yakni dari Piala Asia U-16 menjadi Piala Asia U-17.

Sementara itu, wakil Asia Tenggara lainnya, Vietnam menempati Grup B bersama Iran, Australia, dan Qatar. Indonesia dan Vietnam adalah dua wakil ASEAN dalam ajang ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: skor.id