Aliran Sungai Lubok Maro Berbeda Warna, Jadi Daya Tarik Wisatawan

Aliran Sungai Lubok Maro Berbeda Warna, Jadi Daya Tarik Wisatawan

Lubok Maro menjadi daya tarik karena warna sungainya yang berbeda-beda. Foto : Hendro/sumeks.co--

EMPAT LAWANG, SUMEKS.CO - Sungai Tiga Muara atau Lubok Maro menjadi daya tarik wisatawan saat berkunjung ke Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten EMPAT LAWANG.

Tiga sungai tersebut yakni Sungai Lintang, Sungai Kugho, dan Sungai Deghian. Masing-masing sungai memiliki warna yang berbeda, dan warna yang paling mencolok dimiliki oleh Sungai Deghian yang merupakan sungai dengan aliran air sulfur belerang.

Riki Abdiansyah selaku Ketua Laskar Penjelajah Alam (LPA) Desa Sawah mengatakan, Sungai Deghian memiliki warna putih kebiruan, sedangkan Sungai Lintang memiliki warna putih kecokelatan, dan Sungai Kugho cenderung bening atau jernih.

"Perpaduan antara tiga sungai inilah yang menyebabkan Lubok Maro memiliki lebih dari satu warna," kata Riki.

BACA JUGA:Air Terjun Duo Beradeng, Empat Lawang, Segarnya Bikin Fresh

Lokasinya terletak di perbatasan Kabupaten Lahat dan Empat Lawang, jarak dari Desa Sawah, tidak jauh hanya membutuhkan 10 menit perjalanan menuju Lubok Maro.

"Tidak semua orang bisa beruntung menikmati keindahan alam Lubok Maro karena warnanya hanya akan terlihat ketika musim kemarau saja. Kalau musim hujan hanya terlihat warna kebiruan dan coklat," katanya.

Selain jadi objek wisata, di Lubok Maro ini sering dijadikan tempat memancing dan menjala ikan. Sungainya juga tidak dalam, banyak warga menyeberang untuk pergi ke kebun.

"Dari Lubok Maro ini wisatawan juga dapat menikmati indahnya pemandangan bukit barisan dan Gunung Dempo," tukasnya.(*)

BACA JUGA:Taklukkan Jeram-Jeram Ekstrem di Sungai Musi Empat Lawang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: