Herman Deru Beri Isyarat ke Pejabat Pemprov untuk Pakai Mobil Listrik

Herman Deru Beri Isyarat ke Pejabat Pemprov untuk Pakai Mobil Listrik

Gubernur Sumsel H Herman Deru mencoba mobil listrik.-Edy Handoko-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Gubernur Sumsel H Herman Deru, memberi wacana agar pejabat dikalangan Pemprov Sumsel segera bertransformasi dari kendaraan BBM ke kendaraan listrik

"Kita ingin segera bertransformasi dari kendaraan BBM ke kendaraan listrik," ujar Herman Deru, saat dikonfirmasi, Minggu 16 Oktober 2022.

Dikatakan Deru, Pemprov Sumsel berkomitmen bersama PLN untuk melaksanakan Inpres No 7 Tahun 2022, tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

"Tentu harapan kita agar inpres ini segera terlaksana," tegasnya. 

BACA JUGA:Mobil Listrik di Sumsel Banyak Peminat, ini Angka Penjualannya

Kendati harga mobil listrik lebih tinggi dibandingkan kendaraan yang menggunakan BBM, Herman Deru tetap optimis Pemprov Sumsel dapat mewujudkan hal tersebut. 

Menurut Deru, biaya maintenance dan pemanfaatan jauh lebih murah dan dalam jangka panjang mobil listrik ini cukup menjanjikan.

"Memang harganya lebih tinggi dibandingkan kendaraan yang menggunakan BBM. Tapi ini bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang," timpalnya.

Saat ini, Pemprov Sumsel telah menempa tiga unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan berencana membangun enam SPKLU jika kendaraan listrik di Sumsel banyak diminati masyarakat.

BACA JUGA:Ini Lokasi SPKLU Mobil Listrik di Palembang

"Rencana kita mau nambah, tapi untuk SPKLU di Jl Demang Lebar Daun bisa digunakan untuk sementara," katanya.

Diketahui dengan home charging pengisian kendaraan listrik memerlukan waktu 5-6 jam. Namun, jika di SPKLU di Sumsel dari 0 hingga 100% hanya butuh 50 menit untuk perjalanan sekitar 350 Km.

Meski sediki, beberapa masyarakat di Sumsel juga sudah mulai menggunakan kendaraan listrik diantaranya, Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin.

Data dari dealer Wuling Simpang Polda, setidaknya setiap bulan pihaknya mendapatkan pesanan mobil Wuling Air ev yang menggunakan daya listrik sebanyak 30-35 unit dari masyarakat di Sumsel.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: