Peduli Warga Cahya Bumi Lempuing OKI, Personel TMMD 115 Berikan Layanan Kesehatan

Peduli Warga Cahya Bumi Lempuing OKI, Personel TMMD 115 Berikan Layanan Kesehatan

Personel kesehatan TMMD mendatangi warga Dusun 2, Desa Cahya Bumi, Lempuing OKI yang sakit dan memasang infus, Sabtu 15 Oktober 2022. Foto: Niskiah/sumeks.co--

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Masyarakat Desa Cahya Bumi, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sangat terbantu dengan adanya tim kesehatan dari prajurit TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 115 tahun 2022. 

Yakni memberikan pengobatan kepada warga khususnya yang sedang sakit. Di mana tim kesehatan TMMD yang dipusatkan di Cahya Bumi itu mendatangi langsung rumah warga sekaligus bersilahturahmi dengan masyarakat Desa. 

Komandan Kodim (Dandim) 0402/OKI-OI Letkol Inf Hendra Saputra SSos MM MIPol melalui Bintara Pelatih Bidang Teritorial, Serka Indra Duwi, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan kepada masyarakat dengan mendatangi rumah mereka ini adalah dalam rangka menjalin silaturahmi dengan masyarakat sekitar Desa. 

“Jadi sebagai bentuk anjangsana. Kita dengan ikhlas membantu dalam kegiatan pengobatan kepada masyarakat Desa ini khsususnya kepada yang sedang sakit. Untuk saat ini sudah ada 15 warga yang membutuhkan bantuan kesehatan dari tim kita," ungkap Indra, kepada SUMEKS.CO, Sabtu 15 Oktober 2022.

BACA JUGA: TMMD Bangun Jembatan dan Akses Jalan Persingkat Jarak Tempuh

Diterangkan Indra, warga Desa Cahya Bumi apabila membutuhkan layanan kesehatan harus menempuh jarak sekitar 2 kilometer itu yang terdekat yaitu Bidan Desa, sedangkan untuk layanan kesehatan yakni Puskesmas dengan jarak 3 kilometer. 

Belum lagi kondisi akses jalan desa yang kurang memadai, sehingga sangat dirasakan kendalanya untuk menuju pusat layanan kesehatan tersebut. 

"Alhamdulilah masyarakat Desa sangat senang dan terbantu adanya tim kesehatan di Desa mereka. Kami pun melaksanakanya dengan ikhlas ini adalah bentuk pengabdian kami kepada masyarakat," bebernya. 

Masih kata dia, tim kesehatan siap melayani jika ada keluhan dan membutuhkan layanan kesehatan. Tim kesehatan sejak pagi telah menyapa masyarakat Desa dengan menanyakan keadaan kesehatan mereka. 

BACA JUGA:TMMD ke-115 Digelar di Desa Cahya Bumi Lempuing, Ini Kata Bupati OKI

Masyarakat Desa Cahya Bumi ini rata-rata bekerja sebagai petani yakni petani karet, kelapa sawit serta bersawah.

Dia menambahkan, dari keluhan kesehatan masyarakat Desa, saat ini dengan keluhan biasa yakni  berkisar gejala yang ringan seperti Infeksi Saluran Pernapasan (Ispa) termasuk batuk, flu, demam, alergi kulit, dan hipertensi atau darah tinggi. 

Masih dijelaskannya, masyarakat Desa di lokasi TMMD ini sangat mengharapkan kepada pemerintah untuk menyediakan pusat pelayanan kesehatan di desanya. 

Dengan alasan pusat pelayanan kesehatan yang ada lumayan jauh  dan akses jalan yang belum memadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: