3.499 Pesilat Ramaikan Jakarta Pencak Silat National Championship 2022

3.499 Pesilat Ramaikan Jakarta Pencak Silat National Championship 2022

3.499 Pesilat Ramaikan Jakarta Pencak Silat National Championship 2022-foto:doksumeksco-

JAKARTA, SUMEKS.CO - Sebanyak 3.499 pesilat meramaikan kejuaraan Pencak Silat bertajuk Jakarta Pencak Silat National Championship (JKTC) 2022 di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur. Kejuaraan yang dilaksanakan dari pesilat tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) ini berlangsung sejak jumat hingga minggu (14-15/10).

Rinciannya, peserta tingkat SD sebanyak 1.640 pesilat, SMP 1.365 pesilat, dan SMA ada 494 pesilat. Mereka datang dari Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. Kemudian ada satu orang peserta dari luar negeri, yaitu Ceko.

Dibuka secara resmi Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Raden Isnanta, pada Sabtu pagi (15/10) menyampaikan dukungan kepada pelaksanaan JKTC 2022 karena banyaknya antusiasme yang mengikuti Kejuaraan cabang olahraga asli dari bangsa Indonesia ini.

BACA JUGA:Regsosek 2022 Mulai, Sekda Palembang Ratu Dewa: Mari Kita Sukseskan Bersama

Isnanta mengapresiasi Kejuaraan JKTC 2022 karena turut mendukung program pemerintah melalui pembudayaan olahraga pada cabor Pencak Silat.

Targetnya dapat dipertandingkan di Olimpiade sekaligus cabor prioritas Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang tertuang dalam payung hukum Perpres No.86 Tahun 2021. 

"Pencak silat tidak hanya milik Indonesia, tetapi sudah menjadi milik dunia. Karena pencak silat sedang diperjuangkan menuju Olimpiade. Selain mengajarkan sportifitas, pencak silat juga membentuk karakter, bugar secara jasmani dan rohani." jelas Isnanta.

Membenarkan yang disampaikan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Tunas Dwidharto, Wakil Ketua PB IPSI, juga menegaskan bahwa ajaran pencak silat memiliki nilai budi pekerti luhur, persaudaraan dan solidaritas sesama ksatria pencak silat. 

"Dalam pencak silat memiliki nilai seni dan budaya, nilai luhur, nilai ksatria dan sportifitas. Karena kemenangan perlu dicari, tetapi persaudaraan adalah yang paling utama. Dengan solidaritas, kita bersama membangun cabor asli Indonesia ini menuju Olimpiade," jelas Tunas.

Adapun tujuan dari kegiatan ini selain aspek pencak silat dari segi prestasi olahraga dan pengembangan para atlet di event JKTC, juga sebagai olahraga rekreasi yang membuat anak-anak menjadi fun dan rileks serta disenangi dalam mengikuti kompetisi pertandingan cabang olahraga pencak silat.

BACA JUGA:Ketum PSSI Masih Bungkam, Seusai Diminta Tanggung Jawab Hukum dan Moral oleh TGIPF

Target pelaksanaan kejuaraan pencak silat yaitu bisa lebih memasyarakat yang akhirnya mampu melahirkan atlet-atlet berprestasi di level nasional maupun internasional.

Hadir pada pembukaan JKTC 2022 Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta, Eko Nugriyanto, Ketua I Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Dedi Suryadi dan Analis Sub Koordinator Urusan Kerjasama Keolahragaan Dispora DKI Jakarta, Tomi Ari Sadewo. (kmd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: