Tingkatkan Sinergi Pengawasan orang Asing, Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat TIMPORA

Tingkatkan Sinergi  Pengawasan orang Asing, Kemenkumham Sumsel Gelar Rapat TIMPORA

--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO – Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel, Herdaus, Senin 3 Oktober 2022 mengatakan untuk tingkatkan sinergi dalam pengawasan orang asing di Sumsel, pihaknya telah menggelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) tingkat Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten PALI di Hotel Griya Sintesa, Muara Enim Jumat 30 September 2022 kemarin. 

Rapat Timpora kali ini bertemakan "Kebijakan Terhadap Orang Asing Dalam Mendukung Investasi dan Pemulihan Ekonomi Nasional", Rakor Tim PORA kali ini dihadiri oleh Pj. Bupati Muara Enim, Kurniawan AP, beserta jajaran dan 27 instansi anggota Tim PORA.

Menurut Herdaus, rapat Timpora ini penting dalam rangka pengawasaan orang asing Sehingga menciptakan iklim investasi dan  percepatan pemulihan ekonomi nasional. 

"Pengawasan lapangan terhadap orang asing hendaknya dapat dilakukan secara humanis dan sesuai SOP untuk menjaga iklim investasi yang baik dan kondusif di Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten PALI."kata Herdaus.

BACA JUGA:Tembakan Salvo Pemakaman Briptu Fajar Yoyok, Istri Cindy Novianti Terlihat Tegar Diciumnya Batu Nisan

Pj. Bupati Muara Enim, Kurniawan mendukung kegiatan Rapat Timpora dan minta  agar kinerjanya di kuatkan lagi. "Tim PORA yang merupakan kerja sama antar instansi, baik vertikal maupun horizontal diharapkan turut aktif dalam upaya-upaya yang mengarah pada pembangunan daerah, salah satunya melalui pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing", kata Kurniawan 

Menurutnya, saat ini terdapat sejumlah proyek strategis nasional (PSN) di Kabupaten Muara Enim yang sedang dikerjakan dengan menyerap sekitar 800 tenaga kerja asing (TKA), sehingga keberadaannya harus memberikan dampak positif bagi investasi dan pembangunan daerah. 

Kegiatan Rapat Koordinasi Tim PORA tingkat kabupaten kali ini dihadiri oleh 27 orang peserta yang berasal dari instansi anggota Tim PORA, yaitu Kesbangpol, Polres, BAIS, BNN, BIN, Lapas Kelas II B Muara Enim, Dinkes, Disnaker, Disdukcapil, Kejari, Kemenag, Kodim, Kaposbinda, dan Koordinator Pengawas Ketenagakerjaan.

Kepala Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel, Made Nur Hepi Juniartha, mengatakan bahwa pihaknya selalu  memberikan kesempatan untuk saling tukar informasi terkait data WNA yang dimiliki, serta jika ada orang asing yang mencurigakan agar segera melaporkan ke Kantor Imigrasi Muara Enim  untuk dapat ditindaklanjuti.

BACA JUGA:Pelaku Perampokan di Bawah Jembatan Ponton Empat Lawang Disergap di Bengkulu

"Kantor Imigrasi Muara Enim mendukung penuh seluruh kebijakan pemerintah daerah terutama terkait dengan TKA serta WNA yang berkegiatan di wilayah Muara Enim dan PALI." jelas Made Hepi.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto mengapresiasi jalannya Rapat Koordinasi Tim PORA tingkat Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten PALI hari ini, diharapkan Rapat Koordinasi Tim PORA dapat mendukung iklim investasi dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Pali.

Menurut Harun dengan sinergi yang baik diharapkan kinerja Tim Pora meningkat, sehingga pengawasan orang asing di Kabupaten Muara Enim dan Pali, berjalan sesuai ketentuan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: