Peran Koperasi Sebagai Penggerak Roda Perekonomian

Peran Koperasi Sebagai Penggerak Roda Perekonomian

SOSIALISASI : Pj Sekda Muara Enim H Riswandar membuka Sosialisasi Organisasi dan Kelembagaan Koperasi Tahun 2022.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Guna meningkatkan peran koperasi sebagai salah satu penggerak roda perekonomian di Kabupaten Muara Enim.

Untuk itu, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Muara Enim menggelar Sosialisasi Organisasi dan Kelembagaan Koperasi Tahun 2022.

Sosialisasi itu dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim H Riswandar SH MH, di Hotel Griya Sintesa Kota Muara Enim, Rabu 28 September 2022.

Nampak hadir selaku nara sumber Direktur Pengembangan Potensi Daerah, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Suhartono, Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Muara Enim, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Prabumulih  Agus Prawira, para OPD serta Kepala Cabang Bank Sumsel Babel, BUMN BUMS.

BACA JUGA:Roadshow ke OPD, DWP Kabupaten Ogan Ilir Ingin Tingkatkan Silaturahmi

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Muara Enim Husin Aswadi SE MM, menjelaskan sosialisasi Organisasi dan Kelembagaan Koperasi Tahun 2022 diikuti oleh 40 orang peserta dari Koperasi di Kecamatan Muara Enim.

Tujuannya, untuk menambah wawasan pengetahuan bagi seluruh pengurus koperasi khususnya dalam mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang merupaka salah satu dasar hukum daripada koperasi itu sendiri.

“NIB ini sendiri diterbitkan oleh Lembaga OSS yang merupakan suatu bentuk pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik, dengan telah terdaftarnya koperasi pada sistem OSS ini, secara otomatis legalitas koperasi dapat diakui dan dapat dengan mudah mengembangkan usahanya secara legal,” terangnya.

Sementara itu, Pj Sekda Muara Enim H Riswandar SH MH, memberikan apresiasi kepada seluruh pihak khususnya kepada Dinkop UKM Kabupaten Muara Enim yang telah menyelenggarakan giat sosiliasi tersebut.

BACA JUGA:Jadwal Liga 1 Pekan Kesebelas: Persis Solo vs PSM Makassar Jadi Pembuka

Dirinya mengatakan koperasi adalah suatu wadah sekaligus motor penggerak perekonomian masyarakat yang dalam menjalankan kepengurusannya, koperasi membutuhkan sumber daya manusia yang profesional dan tangguh serta berdaya saing dalam menyelenggarakan kegiatan perkoperasian.

Lebih lanjut dirinya menegaskan, peran pengurus dan pengelola koperasi sangatlah penting dalam mengatasi persoalan dan tantangan perekonomian yang terjadi saat ini. 

Koperasi yang sehat adalah koperasi yang dikelola dengan baik, mulai dari kelembagaannya, usahanya, pengelolaan keuangan hingga bahkan SHU-nya dapat meningkat disetiap tahun sehingga dapat memenuhi kebutuhan anggotanya.

“Semoga melalui kegiatan sosialisasi ini koperasi di Kabupaten Muara Enim akan tumbuh dan berkembang menjadi koperasikoperasi yang sehat dan dapat menyejahterakan anggotanya demi mendukung terwujudnya visi Kabupaten Muara Enim Merakyat, yaitu Muara Enim yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera,”pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: