Fitri Sebut Program JKN-KIS Permudah Masyarakat Akses Layanan Kesehatan

Fitri  Sebut Program JKN-KIS Permudah Masyarakat Akses Layanan Kesehatan

Fitri mengatakan sejak kehadiran Program JKN, banyak orang menjadi percaya diri.-foto:doksumeksco-

PRABUMULIH, SUMEKS, CO -Pemahaman tentang pentingnya memiliki jaminan sosial saat ini memang belum banyak disadari oleh masyarakat secara luas. Namun, tidak begitu dengan Fitri Asih (27).Terdaftar sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), Fitri beranggapan bahwa hadirnya Program JKN membuat ia dan keluarganya tenang tanpa khawatir tingginya biaya pengobatan.

Ditemui di kediamannya, Fitri mengatakan bahwa sejak kehadiran Program JKN, banyak orang menjadi percaya diri untuk berobat ketika sakit, terutama untuk masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Tentunya dukungan peserta JKN seperti Fitri sangatlah penting. Bentuk kontribusi yang bisa dilakukan adalah membayar iuran JKN rutin dan tepat waktu.

“Banyak orang di sekitar saya yang merasa terbantu dengan adanya program pemerintah ini. Yang sakit tidak perlu khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat, jadi bisa fokus untuk sembuh karena biaya perawatannya dibantu oleh iuran yang dibayarkan oleh peserta JKN lainnya,” kata Fitri, Selasa (10/05).

Fitri melanjutkan bahwa keluarganya sangat terbantu dengan adanya Program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. “Kartu JKN sangat berguna sekali terutama untuk ibu saya, yang saat ini diharuskan rutin berobat. Semua biaya pelayanan kesehatan yang diakses oleh ibu saya ditanggung oleh Program JKN,” ungkap Fitri.

Fitri yakin bahwa iuran yang ia bayarkan telah banyak membantu orang yang sedang membutuhkan termasuk ibunya sendiri. Oleh karena itu ia selalu berusaha untuk tidak telat membayarkan iuran JKN.

“Seperti halnya sekarang ini, iuran yang saya bayarkan juga telah membantu ibu saya yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Semua dimulai dari orang terdekat kita, yaitu keluarga, jika sakit maka iuran keluarga kita sendirilah yang akan membantu kita, kemudian meluas ke iuran orang lain yang sehat karena Program JKN ini menggunakan konsep gotong-royong,” kata Fitri.

Fitri berterima kasih kepada petugas kesehatan, pemerintah, khususnya BPJS Kesehatan. Ia berharap semoga kedepannya Program JKN dapat lebih baik lagi. Tidak hanya itu, ia juga merasa puas selama menjadi peserta Program JKN. Di akhir pertemuannya, Fitri juga berpesan kepada masyarakat yang belum mendaftar, untuk segera mendaftar agar masalah kesehatan kita terjamin dan dilindungi oleh BPJS Kesehatan. (*)

Sumber: