Kurniawan Ajak Masyarakat Senantiasa Jaga Kebersihan

Kurniawan Ajak Masyarakat Senantiasa Jaga Kebersihan

Penjabat (Pj) Kurniawan AP MSi--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO – Pemerintah Kabupaten Muara Enim berpesan kepada masyarakat Kecamatan Gunung Megang, untuk senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Hal tersebut bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan stunting. Mulai dari ekosistem terkecil yaitu keluarga. 

Sebab pola hidup bersih dan sehat dapat diwujudkan dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah, mulai dari kebersihan air, toilet, dapur, kamar tidur serta seluruh area rumah agar tetap higienis.

Pesan tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Kurniawan AP MSi, saat Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa) atau safari Juma't (23/09).

BACA JUGA:MAKI Bongkar Data Perjalanan Gubernur Papua Lukas Enembe ke Luar Negeri

“Saya menghimbau unsur tripika dan kades untuk menjaga kebersihan air. Sebab kebersihan air ini merupakan faktor utama dalam pencegahan stunting dan perlu perhatian kita semua,” imbuh Kurniawan.

Selain itu, lanjutnya, untuk mencegah stunting masyarakat perlu menjaga kebersihan mulai dari rumah. Toilet harus bersih. Juga dapur yang menjadi awal mula apa yang kita makan juga harus bersih dan sehat.

Oleh karena itu, dirinya menyarankan kepala desa untuk selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan bidan desa dan kader posyandu dalam upaya mengatasi masalah Stunting di desa.

Selain kebersihan lingkungan keluarga, upaya untuk mengatasi masalah stunting dapat dilakukan secara intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitive.

BACA JUGA:Heboh Soal Kabar Pernikahannya Dengan Rio Haryanto, Larissa Chou Buka Suara

“Intervensi gizi spesifik ini ditujukan kepada ibu hamil dalam 1000 hari pertama kehidupan dilakukan oleh sektor kesehatan. Dimulai saat kehamilan hingga anak berusia 2 tahun. Sedangkan intervensi gizi sensitif merupakan kegiatan pembangunan di luar sektor kesehatan,”jelasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: