Usianya 13 Tahun, Hafiz Asal Sumut Zahran Juara 2 Musabaqah Hafalan Al-Qur'an Internasional

 Usianya 13 Tahun, Hafiz Asal Sumut Zahran Juara 2 Musabaqah Hafalan Al-Qur'an Internasional

Hafiz Asal Langkat Sumut, Zahran Juara 2 Musabaqah Hafalan Al-Qur'an Internasional (Kemenag)--

SUMEKS.CO, Ini prestasi Hafiz Al-Qur'an asal Langkat, Sumatera Utara, Zahran Auzan.

Luar biasa dia  meraih juara 2 pada Musabaqah Hafalan Al-Qur'an (MHQ) Tingkat Internasional di Arab Saudi. 

Perlombaan atau musabaqah bertajuk 'King Abdul Aziz Internasional Holy Qur'an Contest' ini berlangsung pada pertengahan September 2022 dan diikuti peserta lebih dari 50 negara.

"Alhamdulillah ini mengharumkan nama bangsa," ungkap Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin di Jakarta, 22 September 2022.

Menurut Kamaruddin, Auzan baru berusia 13 tahun. Meski demikian,  buah hati pasangan Ismuddin dan Aminatun Zahriah ini sudah hafal Al-Quran dan mampu bersaing dengan peserta lainnya dari berbagai negara.

BACA JUGA:Pesta Miras Rakitan, 3 Napi Kejang-Kejang Tewas, Seorang Lagi Sekarat, 10 Napi Lainnya Diperiksa

​"Semoga prestasi berikutnya akan menyusul dari anak anak Indonesia. Kami turut berbangga, bahagia, dan bersyukur," tambah Guru Besar Ilmu Hadis UIN Alauddin Makassar ini.

Terpisah, Kasubdit Lembaga Pengembangan Tilawah dan Musabaqah Al-Qur'an dan Al-Hadits Kemenag, Rijal Ahmad Rangkuty menyatakan, prestasi Auzan merupakan bukti kualitas anak bangsa. 


Hafiz Asal Langkat Sumut, Zahran (kanan) (foto;kemenag)--

Rijal berharap, prestasi Auzan menginspirasi generasi muda.

"Ini merupakan berita gembira untuk masyarakat Indonesia sekaligus penanda bahwa generasi kita mampu bersaing di kancah internasional," ungkap pria yang juga hafal 30 juz Al-Qur'an ini.

Rijal juga mengapresiasi kerja keras orang tua Auzan dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Sumatera Utara. Menurutnya, prestasi cemerlang Auzan berkat pelatihan dan bimbingan yang diberikan sejak dini.

"Ini inspirasi untuk anak-anak dan orang tua seluruh Indonesia. Ini salah satu keberhasilan pembinaan dan pendidikan sejak dini yang diberikan orang tua dan LPTQ Sumut," imbuhnya.

BACA JUGA:Wanita Cantik Ini Ditangkap Jatanras Polda Sumsel, Ini Kasusnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: