210 Wartawan Berkompetisi di Porseniwada Prabumulih

210  Wartawan Berkompetisi di Porseniwada Prabumulih

H Ridho Yahya bersama sang istri. foto: diskominfo prabumulih--

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Kota Prabumulih akan menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN), HUT PWI, dan Pekan Olahraga dan Seni Wartawan Daerah (Porseniwada) pada 4-6 Oktober mendatang. Porseniwada sendiri akan mempertandingkan cabor bulutangkis (tunggal dan ganda putra), tenis meja (tunggal dan ganda putra), lomba azan, mengaji putra, dan mengaji putri.

Sebanyak 210 wartawan di Sumsel akan mengikuti Porseniwada Prabumulih 2022. Mereka terdiri dari 49 peserta tunggal putra bulutangkis, 21 ganda putra bulutangkis, 45 tunggal putra tenis meja, 21 ganda tenis meja, 27 peserta lomba mengaji putra, 8 peserta lomba mengaji putri, dan 43 peserta lomba azan.

Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar mengapresiasi Wali Kota Prabumulih H Ridho Yahya yang bersedia menjadi tuan rumah HPN, HUT PWI ke-77, dan Porseniwada 2022. Di mana event ini adalah yang kedua digelar di Sumsel, setelah pada tahun lalu Kabupaten Banyuasin menjadi tuan rumah HPN, HUT PWI, dan Porwada.

“Alhamdulillah Kota Prabumulih jadi tuan rumah HPN, HUT PWI, dan Porseniwada tahun 2022. Terima kasih Pak Ridho Yahya,” kata Firko, -panggilan Firdaus Komar-, Jumat 23 September 2022. 

BACA JUGA:13 Petenis Meja PWI Sumsel Ikuti Seleksi Porwanas

Rangkaian acaranya, lanjut Firko, pada Selasa 4 Oktober, akan diawali dengan pembukaan Porseniwada di Stadion Sepak Bola Talang Jimar pada pukul 13.00. Akan ada defile dari PWI 17 kabupaten/kota di Sumsel. Pada Rabu 5 Oktober dilanjutkan dengan pertandingan dan lomba. Seperti bulutangkis, tenis meja, lomba mengaji putra putri, azan, dan beberapa inorga KORMI. Seperti SKJ, egrang, bakiak, senam kreasi, 

“Akan ada lomba egrang, bakiak, SKJ, dan senam kreasi  sebagai partai eksibisi di Islamic Center Kota Prabumulih,” ujarnya. 

Turnamen bulutangkis dan tenis meja, tambah Firko, akan digelar di GOR Binaria Pertamina EP Prabumulih dan GOR Bulutangkis Harmonis. Untuk bulutangkis ganda putra dan cabor tenis meja, pelaksanaan di GOR Binaria. Sedangkan nomor tunggal putra di GOR Harmonis.

“Peserta tunggal putra bulutangkis banyak peminat yang mencapai 49 peserta, sehingga menggunakan GOR Bulutangkis Harmonis,” terangnya.

BACA JUGA:16 Peserta UKW PWI Sumsel Dinyatakan Berkompeten

Masih kata Firko, lomba azan dan mengaji akan digelar di Islamic Center Prabumulih. Waktunya masih akan dibahas mengingat banyak peserta lomba azan dan mengaji yang ikut turnamen bulutangkis dan tenis meja. Kemungkinan lomba azan dan mengaji akan digelar setelah zuhur pada Rabu 5 Oktober.

“Tetapi itu baru wacana, kita akan bahas dengan Bagian Kesra Setda Pemkot Prabumulih,” tukasnya. 

Pada Rabu 5 Oktober malam, terang Firko, seluruh wartawan PWI Sumsel akan menghadiri gala dinner Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya di rumah dinas. Sekalian penyerahan hadiah turnamen dan lomba. “Pak Wali (Wako Ridho Yahya) akan bersilaturahmi dengan anggota PWI di Sumsel,” tukasnya.

Puncak acara, jelas Firko, akan dilaksanakan pada Kamis 6 Oktober dengan menggelar diskusi pers yang menghadirkan Ketua PWI Pusat Atal S Depari dan tokoh pers pusat lainnya. Akan ada pemberian penghargaan kepada tokoh pers Sumsel dan kepala daerah atau pejabat yang berjasa dalam kemajuan dunia jurnalistik. “Kita sudah menginventarisir nama-nama yang akan menerima penghargaan,” pungkasnya. 

Sumber: