Manfaat Dahsyat Rutin Minum Teh Serai, Nomor 3 Bikin Kaget

Manfaat Dahsyat Rutin Minum Teh Serai, Nomor 3 Bikin Kaget

Manfaat teh serai untuk kesehatan.-Foto: NDTV Food-

JAKARTA, SUMEKS.CO - Serai seringkali digunakan jadi pelengkap bumbu masakan, aromanya yang wangi dan menyegarkan jadikan serai bumbu dapur yang populer.

Selain digunakan untuk bumbu masakan, Serai atau sereh ini punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Pasalnya, serai alias sereh itu terbukti bisa menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus tertentu. Serai memiliki Kandungan Vitamin A, vitamin C, folat dan niasin.

Sebagian orang menjadikan rebusan serai campur jahe sebagai minuman kesehatan, karena cara membuatnya yang sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

BACA JUGA:Kenali Manfaat Minum Air Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh

Sediakan 7 batang serai kemudian ditumbuk atau digeprek, 250 mg jahe parut atau blender, dan sedikit madu. Rebus serai dan jahe dengan 2 liter air hingga mendidih.

Setelah itu, biarkan rebusan serai dingin. Kemudian sajikan satu gelas air rebusan serai lalu campurkan madu secukupnya. 

Ramuan siap dikonsumsi sehari satu kali selama 7 hari. Setelah itu minum secara optional sesuai kebutuhan.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA:Coba Minum Teh Kembang Sepatu, ini Manfaatnya

1. Mengurangi Peradangan 

Air serai dan jahe merupakan ramuan antiinflamasi. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food mencatat bahwa jahe memiliki sifat antiinflamasi nonsteroid dan memiliki efek samping yang lebih sedikit.

Sementara dalam serai ditemukan senyawa yang disebut sitral, yang bisa menghambat pembentukan asam yang menyebabkan peradangan. 

Sehingga, air rebusan serai dan jahe baik untuk dikonsumsi ketika Anda memiliki masalah tenggorokan dan saluran pernapasan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: