Ini Kondisi Gedung Eks Kejari Palembang

Ini Kondisi Gedung Eks Kejari Palembang

Gedung bekas Kejari Palembang. foto: fadli sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Gedung bekas kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang yang terletak di Jl Jenderal Sudirman Km 4 Palembang persisnya di samping gedung Polda Sumsel, kondisinya kini memperihatinkan.

Kabar terbaru yang dihimpun Jumat 16 September 2022, gedung yang sudah puluhan tahun terbengkalai tersebut akan direnovasi dan bakal dijadikan kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) kecamatan Kemuning.

"Ada juga bakal dijadikan sekolah, namun informasi itu masih simpang siur pak, benar atau tidaknya saya tidak tahu, hanya diperintahkan untuk jaga gedung saja," kata Alfan, petugas Pol PP Kota Palembang yang ditugaskan menjaga bangunan dua lantai tersebut, diwawancarai SUMEKS.CO Jumat 16 September 2022.

BACA JUGA: Kejari Palembang Terima Berkas Tahap I Kasus Penganiayaan Syukri Zen

Kata Alfan, kabar bakal dijadikannya eks gedung Kejari Palembang untuk kantor DLHK Kecamatan Kemuning tersebut didapat dari salah satu kontraktor, yang mana telah dibangun gedung dua lantai berkelir kuning muda berdiri tepat di belakang gedung eks Kejari Palembang lama.

Menurut Alfan, proyek pengerjaan gedung baru tersebut telah selesai kurang lebih 5 bulan lalu, namun khusus untuk renovasi gedung bekas kantor Kejari Palembang terkendala keterbatasan anggaran sehingga renovasinya ditunda terlebih dahulu.

Alfan mengaku, kurang lebih satu Minggu ini ditugaskan kembali menjaga eks kantor Kejari Palembang tersebut, karena sering dijadikan tempat tinggal sementara bagi para gelandangan, anjal serta tuna wisma.

Dari pantauan suasana luar bekas kantor Kejari Palembang nampak  terpasang pagar seng tinggi, pada sisi gerbang sebelah kanan gedung terpasang papan bertuliskan tanah dan bangunan milik Kejaksaan Negeri Palembang.

BACA JUGA:Kejari Palembang Tetapkan 2 Oknum ASN jadi Tersangka Dugaan Korupsi

Sementara dari suasana dalam gedung, sudah sangat memperihatinkan, terdapat banyak coretan oleh tangan jahil pada tiap sisi dinding gedung yang diketahui diresmikan pada tahun 1981 tersebut, serta pada beberapa bagian atap gedung banyak yang roboh.

"Ini juga kabel-kabel listriknya sudah banyak dicuri orang, jadi kalau malam suasananya gelap pak," ujar Alfan saat menemani SUMEKS.CO melihat isi dalam gedung.

Kondisi berbeda diperlihatkan Alfan, saat menunjukkan dua bangunan baru cikal bakal kantor DLHK Kemuning berdiri kokoh di bagian belakang gedung.

Sementara itu, pihak Kejaksaan dalam hal ini Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel Moh. Radyan SH MH saat dikonfirmasi terkait akan dijadikan apa gedung bekas kantor Kejari Palembang tersebut, hingga berita ini diterbitkan belum memberikan komentar baik melalui sambungan telepon ataupun pesan singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: