Rencana untuk Daftar Haji, Uang di Celengan Rp 50 Juta Rusak Dimakan Rayap

Rencana untuk  Daftar Haji, Uang di Celengan Rp 50 Juta Rusak Dimakan Rayap

Uang celengan milik penjaga SD Negeri Lojiwetan hancur dimakan rayap. (SILVESTER K/RADAR SOLO)--

SUMEKS.CO, Seorang penjaga SD Negeri Lojiwetan, Solo Samin, 52, hanya bisa termenung,  mendapati lembaran uang yang dia tabung sedikit demi sedikit,  rusak dimakan rayap

Uang yang rencananya akan digunakan untuk biaya baik haji yang jumlahnya hampir Rp 50 juta rusak tak berbentuk.

Mula-mula, istri Samin secara tak sengaja mengecek dua celengan plastik yang mereka tabung dalam 2,5 tahun terakhir. 

Satu celengan warna ungu tampak baik-baik saja. Namun, celengan satunya yang berwarna hijau tampak kempes setelah ditekan.

BACA JUGA:Keluarga Besar TNI Minta Effendi Simbolon Minta Maaf

Kondisi itu membuat istrinya curiga dan meminta Samin untuk membuka celengan tersebut. Saat dibuka, ternyata kondisi uang puluhan juta itu sudah hancur dimakan rayap. Kontan, hal ini membuat heboh seisi sekolah yang tengah menjalankan aktivitas pembelajaran.

“Saya buka antara jam 09.30 WIB atau jam 10.00 WIB, waktu masih jam palajaran dan banyak orang tua siswa di sini. Ya kaget semua, seluruh isi celengan yang hijau ini sudah ludes, tidak berbentuk lagi,” kata dia saat ditemui di sekolah, Selasa 13 September 2022.

Seluruh isi celengan warna hijau yang ludes itu diperkirakan lebih dari Rp 50 juta lantaran satu celengan lainnya yang bebas dari rayap jumlahnya hampir mencapai Rp 50 juta. Karena itu, Samin menduga kerugian akibat uang dimakan rayap ini berkisar di antara Rp 50 juta-an.

“Uang ini hasil menabung selama 2,5 tahun dari gaji TKPK dan jualan makanan di sekolah. Rencananya mau saya pakai untuk naik haji bersama keluarga,” beber warga Kelurahan Kedung Lumbu itu. 

BACA JUGA:Dandim 0402/OKI Tidak Terima Disebut Gerombolan

Cara Tukar Uang Rusak ke Bank Indonesia (BI) 

Jika memiliki uang yang rusak atau sobek, jangan didiamkan, apalagi sampai dibuang. Uang itu masih bisa menjadi alat tukar jika dilakukan penanganan yang tepat.   Menurut laman BI.Go.id Penukaran Uang Rusak/Uang Cacat ada beberapa syarat.

Secara umum, kriteria uang rusak yang bisa ditukarkan adalah masih dapat dikenali keasliannya. Di samping itu, ada kriteria lain, yaitu 2/3 dari kondisi fisik uang masih utuh. 

Uang yang sobek dan sobekannya hilang lebih dari sepertiga bagian tidak akan bisa ditukarkan kembali. Uang yang rusak dan masih satu kesatuan juga dapat ditukarkan dengan uang layak edar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: