Pengwil INI Sumsel Tolak Pemindahan Lokasi Kongres

Pengwil INI Sumsel Tolak Pemindahan Lokasi Kongres

Jajaran Pengwil INI Sumsel saat memberikan keterangan pers terkait surat PP INI yang menyatakan pemindahan lokasi kongres. Foto : edho/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kepengurusan Ikatan Notaris Indonesia (INI) di daerah kini dilanda kegelisahan. 

Hal ini dipicu oleh pemindahan lokasi Kongres XXIV INI dari yang sebelumnya ditetapkan di Jawa Barat (Jabar) dipindahkan ke Bali. 

Ini dituangkan dalam surat yang dikeluarkan Pengurus Pusat (PP) INI nomor 181/I-9/PPINI/2022 tertanggal 1 September 2022. 

Perihal keputusan di luar kongres percepatan waktu pelaksanaan dan pemindahan tempat Kongres XXIV INI. 

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Terima Audiensi Ikatan Notaris Indonesia Sumsel

"Kami dari Pengurus Wilayah INI Sumsel meminta dengan segala hormat kepada Pengurus Pusat INI agar mencabut surat yang telah dikeluarkan tersebut," kata Ketua Pengurus Wilayah (Pengwil) INI Sumsel, Akhmad Wasil SH SpN, Selasa 13 September 2022 kepada awak media. 

Kemudian, pihaknya juga meminta  tetap pada keputusan Kongres XXIII INI di Makasar. RP3YD di Batu Malang, RP3YD di Kampar Riau yang memutuskan pelaksanaan Kongres XXIV ini berada di Jawa Barat. 

Akhmad Wasil menyebut apa yang dilakukan PP INI tersebut tidak sesuai dengan AD/ART INI. 

Di mana, di Pasal 12 ayat 4 AD/ART yang berbunyi apabila tidak diputuskan dalam kongres mengenai tempat penyelenggaraan kongres berikutnya, maka PP INI dapat mengusulkan hal dimaksud melalui keputusan di luar kongres. 

BACA JUGA:Dituduh Memberikan Keterangan Palsu di Persidangan, Pengacara Laporkan Mantan Notaris

"Pada Pasal 12 ayat 5 butir g juga disebutkan kongres membicarakan dan memutuskan tentang tempat penyelenggaraan kongres berikutnya," terang Wasil didampingi jajaran kepengurusan Pengwil INI Sumsel yang lain. 

Dengan begitu maka sama sekali tidak ada celah yang bisa ditempuh untuk memindahkan lokasi atau tempat kongres termasuk dengan menggunakan AD/ART ini. 

Untuk itulah, Wasil meminta dengan segala hormat kepada PP INI untuk dapat mencabut surat yang sudah dikeluarkan tersebut. 

"Di akhir masa kepengurusan Pengwil INI Sumsel di periode kedua ini demikian pula dengan PP INI, marilah kita bersama-sama menjaga sikap bijak. Guna meredam gejolak kegelisahan yang timbul mulai di anggota kepengurusan yang paling bawah hingga yang paling atas. Sehingga, dia berharap terlaksana pesta demokrasi tiga tahunan dalam Kongres XXIV yang diadakan di Jawa Barat dengan tertib, aman dan damai," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: