Enam Obat Herbal ini Bisa Atasi Penyakit DBD

Enam Obat Herbal ini Bisa Atasi Penyakit DBD

Ilustrasi.--

3. Kalmegh

Kalmegh, juga dikenal sebagai Andrographis peniculata, adalah ramuan obat yang efektif dalam berbagai kondisi penyakit. Misalnya, dalam uji laboratorium, ekstrak kalmegh menunjukkan aktivitas antivirus terhadap virus dengue.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan kalmegh untuk mencegah kondisi semakin parah. Anda bisa minum jus kalmegh dengan segelas air putih untuk meredakan gejala demam berdarah.

BACA JUGA:DBD Meningkat, ini Himbauan Dinkes Palembang

4. Dudhi

Gulma asma, yang dikenal sebagai Dudhi dalam bahasa Hindi, adalah ramuan obat esensial dengan banyak khasiat yang bermanfaat. Ini bisa membantu dengan demam berdarah dan meningkatkan jumlah trombosit pada orang yang menderita demam berdarah. Untuk menggunakan dudhi, Anda perlu merebus pasta daun dudhi dalam air. Kurangi air menjadi 1/4 volumenya dan konsumsi seperlunya.

5. Pare

Momordica charantia, yang dikenal sebagai karela dalam bahasa Hindi dan pare dalam bahasa Inggris, memiliki banyak manfaat kesehatan.

Ekstrak pare menunjukkan tindakan penghambatan terhadap perbanyakan virus dengue dalam studi laboratorium. Anda bisa mengonsumsi pare dalam bentuk sebagai sayuran dan menggunakannya dalam makanan dan hidangan.

Anda juga bisa membuat jus pare untuk membantu mengatasi demam berdarah. Untuk membuat jus pare, kupas kulitnya, potong-potong, tambahkan segelas air dan haluskan campuran ini. Setelah tercampur, saring cairannya. Anda bisa menambahkan lebih banyak air untuk menyeimbangkan rasanya, dan jus karela Anda sudah siap.

BACA JUGA:Cegah DBD, Lapas Di-foggingBACA JUGA:Cegah DBD, Lapas Di-fogging

6. Daun kemangi

Ocimum sanctum, yang dikenal sebagai daun kemangi adalah ramuan aromatik yang berasal dari daerah tropis Asia. Daun kemangi telah digunakan untuk mencegah demam berdarah secara tradisional. Tindakan penghambatan daun kemangi terhadap virus dengue telah diamati dalam penelitian laboratorium. Untuk membuat teh daun kemangi, rebus beberapa daun kemangi segar dalam air. Biarkan mendidih sebentar dan saring dalam cangkir.

Anda bisa menambahkan beberapa tetes jus lemon atau satu sendok teh madu untuk menambah rasa. (fny/dom/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: