Kenapa Kucing Suka Menjilat-jilat?

Kenapa Kucing Suka Menjilat-jilat?

Kucing termasuk hewan karnivora predator yang berukuran kecil dengan nama latin Felis silvestris catus--

SUMEKS.CO,Kucing termasuk hewan karnivora predator yang berukuran kecil dengan nama latin Felis silvestris catus.

 Dan mengapa hewan seperti kucing kerap menjilat-jilat tubuhnya sendiri, kucing lain, juga manusia. 

Lantas apa alasan dari perilaku ini?

Kucing domestik atau kucing kampung (Felis catus) disebut tidur selama 14 jam per hari.

Menurut studi yang diterbitkan di lroceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) pada 2018, kucing menghabiskan seperempat dari waktu bangunnya untuk merawat bulu.

BACA JUGA:Massa PKS Tolak Kenaikan BBM

"Kucing menjilat dirinya sendiri untuk membantu menjaga bulunya tetap bersih dan sehat," kata Kristyn Vitale, asisten profesor kesehatan dan perilaku hewan di Unity College di Maine.

"Penting bagi kucing untuk merawat dirinya sendiri karena membantu menjaga kesehatan bulunya," imbuhnya.

Kucing merawat bulu mereka dengan bantuan ratusan duri tajam, berongga, menghadap ke belakang yang melapisi lidah mereka. Duri yang disebut papila ini terbuat dari keratin, zat yang sama dengan rambut dan cakar.

Dikarenakan bentuknya bak duri atau kait, mereka berperilaku seperti perekat velcro. Saat lidah kucing meluncur di atas bulu, duri keratin menangkap rambut kusut.

Dilansir dari Live Science, perawatan bulu secara teratur penting bagi kucing karena menghilangkan kotoran atau materi yang menempel di bulu dan membantu mencegah bulu menjadi kusut.

Pasalnya, rambut kucing yang kusut tidak hanya dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi kucing. Itu juga menyebabkan kulit di bawahnya menjadi iritasi dan meradang, sehingga menimbulkan risiko infeksi.

Menurut Vitale, kucing juga dapat merawat bulu mereka sendiri sebagai perilaku penghilang stres.

"Kadang-kadang ini bisa berubah menjadi perawatan yang berlebihan, di mana kucing menjilati dirinya sendiri sehingga sebagian bulunya hilang. Ini mungkin merupakan tanda masalah perilaku atau medis," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: