Pameran Alutsista TNI AU, Pilot Pesawat Tempur ini Jadi Artis Dadakan

Pameran Alutsista TNI AU, Pilot Pesawat Tempur ini Jadi Artis Dadakan

Letda Kristanto. foto: edy handoko sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Letda Kristanto, salah satu pilot yang mengikuti latihan Jalak Sakti II untuk pertama kalinya, di Lapangan Udara (Lanud) TNI AU Sri Mulyono Herlambang, Palembang, Ahad 28 Agustus 2022.

Penerbang pesawat tempur F16, Letda Kristanto yang singgah ke Lanud Sri Mulyono Palembang untuk mengikuti latihan Jalak Sakti II menjadi artis dadakan. Hal tersebut terlihat saat masyarakat Kota Palembang secara bergilir meminta foto kepada dirinya. Menggunakan seragam pilot dan kacamata hitam, Letda Kristanto terlihat gagah dan humanis saat melayani masyarakat yang ingin berswafoto.

"Iya bu boleh, silahkan kalau mau foto tapi jangan melewati garis pembatas area pesawat ya," ungkap Letda Kristanto.

Letda Kristanto mengungkapkan, pengalamannya menerbangkan pesawat tempur F16 milik TNI AU sudah dua tahun lebih. Namun, ini pertama kali dia melakukan latihan Jalak Sakti II di Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang.

BACA JUGA:Lanud SMH Seperti Pasar, Ribuan Masyarakat Saksikan Open Base Pesawat Tempur

"Kebetulan kami yang pertama kali mengikuti latihan Jalak Sakti II tahun 2022," kata Letda Kristanto kepada SUMEKS.CO.

Penerbang pesawat tempur F16 ini menuturkan sebelumnya dia bermarkas di Rusmin Riadin Pekanbaru dan sehari-hari melakukan latihan pesawat tempur F16 di area Lanud Riau. Untuk penugasan sendiri, Letda Kristanto setiap harinya standby melakukan operasi jika sewaktu-waktu mendapat perintah.

"Saat ini masih membawa pesawat tempur F16, dan pesawat drop jet tempur," bebernya.

Letda Kristanto membeberkan, untuk pengalaman terjun langsung ke medan tempur dirinya belum pernah. Namun dia bersama rekan lainnya selalu mengikuti latihan tempur di daerah Medan, Natuna, Madiun, dan Manado.

"Kami terus melakukan latihan dan jika memang ada perintah kami selalu standby," tutupnya.

BACA JUGA:Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Blora Jateng, Ini Kronologi Jatuhnya Versi Kadispen

Sementara diketahui, ribuan masyarakat Kota Palembang antusias saat menyaksikan open base pesawat tempur F16 dan Helikopter Puma TNI AU dan Latihan Matra Udara II Koopsud I Jalak Sakti 2022, di Pangkalan Udara TNI AU Sri Mulyono Herlambang (Bandara Lama) Palembang.

Sejak dibukanya open base pesawat tempur F16 dan helikopter puma TNI AU, setidaknya kurang lebih 5.000 penonton yang berdatangan untuk menyaksikan open base tersebut. Open base ini dibuka untuk umum dan gratis dari pukul 08.00-12.00 WIB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: