Guru PPKn Ogan Ilir dapat Pendampingan Pembuatan Desain Pembelajaran Berbasis TPACK

Guru PPKn Ogan Ilir dapat Pendampingan Pembuatan Desain Pembelajaran Berbasis TPACK

--

SUMEKS.CO, OGAN ILIR - Beruntung sejumlah guru, yang tergabung dalam kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn SMP Kabupaten Ogan Ilir ini. Pasalnya mereka mendapatkan pendampingan dalam pembuatan desain pembelajaran berorientasi Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK). 

Pendampingan tersebut dilakukan oleh tim dosen dari Jurusan PIPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya (Unsri). Pendampingan tersebut dipusatkan di SMP Negeri 1 Indralaya, pada Sabtu (19/8/2022). 

Dimana kegiatan pendapingan dari Jurusan PIPS FKIP Unsri tersebut diketuai Drs Alfiandra MSi, lalu beranggotakan Dr Riswan Jaenudin MPd (Wakil Dekan III), Deskoni SPd MPd (Sekretaris Jurusan PIPS), dan dan Drs Supriyadi MPd, serta beberapa mahasiswa.

BACA JUGA:Ekonomi Tumbuh Impresif di Tengah Krisis Global, Jadi Kado Manis HUT RI

Pendampingan pembuatan desain pembelajaran berorientasi TPACK, yang dilakukan tim dosen PIPS FKIP Unsri ini dalam rangka melaksanakan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM). Kegiatan PPM tersebut dibuka secara resmi oleh Dekan III FKIP Unsri, Riswan Jaenudin MPd.

Ketua tim PPM, Drs Alfiandra MSi menjelaskan desain pembelajaran berbasis TPACK ini sangat penting. Karena sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad 21, yang sangat mengutamakan teknologi dalam pembelajaran.

"Sehingga tujuan pendampingan ini, untuk meningkatkan keterampilan guru PPKn SMP Kabupaten Ogan Ilir, dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), yang beroientasi TPACK," jelasnya, Sabtu (19/8/2022).

Drs Alfiandra MSi mengatkan kegiatan pendapingan dibagi tiga tahap. Tahap awal  para guru dibekali materi tentang desain pembelajaran yang berorientasi TPACK. Yang diawali pretest-pemberian materi dan ditutup dengan-postest.

BACA JUGA:Top... Desa Burai Gelar Pemilihan Bujang Gadis

Tahap kedua para guru secara mandiri membuat RPP Matapelajaran PPKn berorientasi TPACK. 

Nantinya pada tahap tiga, produk RPP yang dibuat guru akan dipresentasikan, lalu diperiksa dan didiskusikan, serta diberikan masukan oleh tim dosen pendamping. 

"Rencana kegiatan tahap ketiga pada 9 September 2022 mendatang, sekaligus penutupan PPM. Para guru atau peserta akan diberikan sertifikat, sebagai apresiasi dari kegiatan  PPM tersebut," ujarnya lagi. 

Kegiatan ini sangat di dukung penuh oleh Kepala SMP Negeri 1 Indralaya, Dra Herlina MSi, dan juga didukung oleh Ketua MGMP SMP PPKn Ogan Ilir,  Husnil Kirom SPd M Pd, yang turut hadir dan ikut dalam kegiatan PPM tesebut.(adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: