Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Apresiasi Kesiapan Layanan Paspor Haji Satgas Kantor Imigrasi Palembang

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Apresiasi Kesiapan Layanan Paspor Haji  Satgas Kantor Imigrasi Palembang

--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto, mengapresiasi kesiapan Kantor Imigrasi Palembang dalam melayani pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) ke tanah suci. Ini disampaikan Kakanwil Kemenkumham Sumsel saat memantau langsung proses pelepasan JCH Kloter 5, Embarkasi Provinsi Sumsel dan Provinsi Babel di Internasional Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Rabu (29/6). “Kita mengapresiasi kesiapan tim satuan tugas Imigrasi Palembang melayani paspor JCH musim haji 2022,” ujarnya didampingi  Kepala Divisi Keimigrasian Herdaus 

Setelah melihat kesiapan petugas di lapangan, dia meyakini pelayanan kepada JCH bisa maksimal. “Melihat kesiapan tim di lapangan, kita meyakini pelayanan bisa maksimal,” ujar Harun.

Sementara itu, Mohammad Ridwan, Kepala Kantor Imigrasi Palembang Kemenkumham Sumsel mengatakan pihaknya sudah melaksanakan arahan dari Kakanwil Kemenkumham. Setiap hari satgas haji dari Imigrasi Palembang selalu memberikan pelayanan maksimal. 

“Kita telah membentuk tim serta menyiapkan skema keberangkatan dan kepulangan jamaah. Jumlah anggota tim sebanyak 50 orang yang terbagi menjadi 3 grup, diketuai oleh Kasi Lantaskim, Adep Yoenoes, Kasubag Tata Usaha, Yovita MahendraKasih, Kasubsi Informasi Keimigrasian, Eka Puryati”, terang Ridwan.

BACA JUGA:Kinerja Agen BRILink Makin Moncer, Raup Fee Based Income Rp.702,7 Miliar

Dijelaskan Ridwan, jumlah Jemaah haji tahun ini sebanyak 3.232 orang yang merupakan jamaah yang telah tertunda keberangkatannya sejak tahun 2020 dan 2021. pembuatan paspor nya telah dilakukan pada tahun tersebut. Namun, lanjut Ridwan terdapat beberapa penambahan pembuatan paspor seperti Jemaah yang menggantikan kuota keberangkatan orang tuanya yang telah meninggal dunia atau telah berusia diatas 65 tahun.

Mengenai mekanisme Pemeriksaan Paspor Jemaah Haji, Ridwan menjelaskan pada tanggal 25 Juni, pukul 01:35 WIB, Petugas imigrasi sudah tiba di asrama Haji untuk melaksanakan Pemeriksaan dan peneraan cap keberangkatan Paspor Jemaah Haji. Sebelumnya kata Ridwan Paspor sudah dikumpulkan secara kolektif oleh petugas dari Kementrian Agama Provinsi Sumsel. “Dengan pengumpulan paspor secara kolektif menghindarkan antrian jemaah dalam pemeriksaan keimigrasian”, ungkapnya.

BACA JUGA:DPRD PALI Gelar Rapat Paripurna Nonton Bersama Pidato Kenegaraan

Nah, 1 jam sebelum keberangakatan, paspor yang sudah diterakan cap keberangkatan oleh petugas imigrasi, di kembalikan lagi ke jemaah yang sudah datang menunggu di dalam ruang tunggu keberangakatan di asrama haji. “Setelah paspor dipastikan sudah berada di tangan para calon jemaah Haji, calon jemaah haji siap diberangkatkan menuju bandara SMB 2 Untuk pemberangkatan Kloter 1 Embarkasi Palembang”, kata Ridwan.

Untuk memberikan kenyamanan para jemaah saat pembagian paspor yang sudah dilakukan pemeriksaan dan sudah diterakan cap keberangkatan oleh petugas imigrasi, petugas imigrasi juga memberikan sosialisasi kepada jemaah agar dapat menyimpan paspornya dengan baik sehingga tidak jadi permasalahan setibanya di arab saudi dan selama melaksanakan ibadah haji.(ril)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: